Hasil Persebaya vs Persija Skor 1-1: Bajul Ijo Tertahan Lagi

Oleh: Wan Faizal - 24 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Persebaya vs Persija dalam lanjutan Liga 1 2019 berakhir dengan skor 1-1.
tirto.id - Skor 1-1 menjadi akhir dari pertandingan Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (24/8/2019). Hasil laga Persebaya vs Persija ini tim Bajul Ijo kembali tertahan, sedangkan skuad Macan Kemayoran masih belum menemukan kemenangan pertamanya di laga tandang musim ini.

Meski bermain tidak dengan kekuatan terbaiknya, Persebaya tetap menunjukkan agresivitas yang bagus di pertandingan ini. Menit kedua tercipta satu peluang dari tuan rumah ketika kerjasama Manuchekhr Jalilov dan Oktafianus Fernando masih bisa dibendung oleh Maman Abdurahman. Menit kelima, Persija membalas lewat tendangan bebas Sandi Sute yang tepat mengarah ke Miswar Saputra.

Persija harus diakui mengandalkan taktik yang tidak terlalu agresif. Mereka banyak menunggu para pemain Persebaya lengah untuk menghasilkan peluang berbahaya. Apa yang mereka harapkan terjadi di menit 17 ketika pelanggaran Muhammad Hidayat pada Ramdani Lestaluhu menghasilkan tendangan bebas. Sayangnya eksekusi Marko Simic masih menyamping tipis dari gawang Miswar.


Peluang berikutnya didapat Persija saat tembakan Sandi sukses ditepis kiper Persebaya tersebut. Kemudian Persebaya membalas lewat kerjasama apik antara Ruben Sanadi, Fandi Eko Utomo, dan Rendi Irwan yang diselesaikan Oktafianus. Namun sangat disayangkan karena tembakannya dari depan gawang masih mengarah ke Shahar Ginanjar.

Setelahnya tekanan demi tekanan dilancarkan oleh Persebaya. Ada tembakan keras Rendi yang bisa diamankan Shahar dan juga peluang dari tendangan bebas Ruben yang juga tak membuahkan hasil.

Sementara itu jelang babak pertama selesai, kejutan dibuat oleh Bejo Sugiantoro. Dengan berani ia menarik Elisa Basna yang memang bermain tak maksimal dan memasukkan Mohammad Supriadi. Sayangnya sampai babak pertama selesai, Supriadi belum bisa memberikan efek kejut dan ia pun tercatat belum menyentuh bola sama sekali sampai babak pertama selesai.

Dituntut meraih kemenangan, Persebaya bermain menyerang sejak awal babak kedua. Ada sebuah umpan silang dari Ruben yang mengarah ke tiang jauh gawang Persija. Untungnya Shahar masih sanggup menepis bola dan bola liar gagal diubah menjadi gol oleh Oktafianus di depan gawang.

Persija sendiri lumayan bisa membahayakan pertahanan tuan rumah setelahnya. Aksi individu apik dari Feby Eka Putra diakhiri dengan sepakan yang dimaksudkan mengarah ke tiang jauh. Sayangnya bola sepakannya masih melayang diatas gawang Miswar.

Menit 68, Bonek dibuat terdiam ketika Persija sukses mencuri keunggulan. SImic lolos dari perangkap offside dan ia harus bertarung dengan dua bek tengah Persebaya yakni Andri Muliadi dan Syaifuddin. Namun demikian, skill apik yang dimiliki Simic membuatnya tetap bisa lolos dan melepaskan sepakan kaki kiri yang berbuah gol.

Persebaya sempat membalas peluang itu lewat tembakan Jalilov yang masih melebar tipis dari gawang Shahar. Tekanan demi tekanan lantas dilakukan tuan rumah dalam rangka mencari gol balasan. Akan tetapi, sampai menit 80 tetap belum ada gol tercipta meski Supriadi sempat menciptakan satu peluang bagus.

Perjuangan skuad Persebaya terbayar di menit 80. Aksi brilian Oktafianus yang sukses mengecoh tiga pemain Persija dengan satu gerakan diikuti kerjasama satu-dua dengan Fandi Eko. Ketika sudah lolos, Oktafianus terjatuh karena ganjalan Maman dan wasit menunjuk titik putih untuk Persebaya. Misbakus Solikin yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugas dengan baik dan sukses membuat kedudukan seimbang.

Gol penalti tersebut membuat Persebaya semakin bersemangat mengejar gol kemenangan. Situasi berbahaya diciptakan Supriadi di injury time namun kepungan para pemain Persija membuat gawang Shahar masih terselamatkan. Tidak ada tambahan gol dan laga harus berakhir dengan skor imbang 1-1.

Pencetak Gol: Solikin 80’-pen / Simic 68’

Susunan Pemain:

Persebaya: Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Mohammad Syaifuddin, Ruben Sanadi; Muhammad Hidayat, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan (Misbakus Solikin 63’); Elisa Basna (Mohammad Supriadi 45’), Oktafianus Fernando, Manuchekhr Jalilov

Persija: Shahar Ginanjar; Novri Setiawan, Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (Bambang Pamungkas 83’); Riko Simanjuntak, Heri Susanto (Feby Eka Putra 46’), Marko Simic

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight