SEA Games 2019

Hasil Malaysia vs Kamboja 1-3, Klasemen Akhir SEA Games 2019 Grup A

Oleh: Fitra Firdaus - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil sepak bola SEA Games 2019: Malaysia vs Kamboja 1-3, Filipina vs Timor Leste 6-1. Kamboja lolos ke semifinal setelah menjadi runner-up klasemen Grup A, di atas Filipina dan Malaysia.
tirto.id - Hasil pertandingan Kamboja vs Malaysia dalam lanjutan Grup A cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2019 berakhir dengan skor telak 3-0. Laga di Stadion Memorial Rizal, Manila pada Rabu (4/12) membuat Kamboja berhak lolos ke semifinal, menemani Myanmar sekaligus menyingkirkan Filipina.

Di klasemen akhir Grup A SEA Games 2019, Myanmar tidak terbendung. Mereka meraih total 10 angka dari 4 pertandingan, hasil 3 kali menang dan sekali seri. Persaingan sengit terjadi karena Kamboja, Malaysia, dan Filipina sama-sama memiliki 4 angka sebelum laga terakhir, dan hanya dipisahkan oleh selisih gol.

Kejutan besar terjadi ketika Kamboja bisa menaklukkan Malaysia dengan skor 3-1 di laga terakhir. Padahal, Harimau Malaya yang membutuhkan banyak gol, menurunkan formasi ofensif 3-4-3, dengan trio Luqman Hakim, Hadi Fayyadh, dan Nik Akif Syahiran. Namun, Kamboja yang memakai skema 4-2-3-1 lebih ampuh.

Babak pertama berlalu tanpa gol. Setelah turun minum, tepatnya menit ke-48, Luqman Hakim mendapatkan bola terobosan dan tinggal berhadapan dengan kiper Kamboja, Keo Soksela. Namun, sang penyerang 17 tahun tak bisa menyelesaikannya.

Kegagalan itu berpengaruh besar karena enam menit berselang, Kamboja memanfaatkan situasi. Bermula dari tendangan sudut, kiper Malaysia, Haziq Nadzli menghalau bola ke luar kotak penalti. Tetapi ada gelandang In Sodavid yang mampu melesakkan bola ke gawang Harimau Malaya.

Menit ke-57, giliran Siang Chanthea yang menusuk dari sisi kiri, melewati bek dan kiper lawan untuk menyarangkan gol kedua Kamboja. Luka Malaysia diperparah dengan aksi Keo Sokpheng menyambut umpan silang dengan tembakan mematikan. Skor menjadi 3-0, Malaysia roboh.

Memang ada gol hiburan Dominic Tan semenit jelang laga berakhir. Tetapi, Malaysia tak mungkin kemana-mana lagi. Mereka hanya meraih 4 angka dari 4 pertandingan. Harimau Malaya yang di SEA Games 2017 bisa meraih medali perak, kini tersingkir di penyisihan grup.



Filipina Gagal Menang Tujuh Gol

Drama tidak hanya terjadi di Stadion Memorial Rizal, tetapi juga di Stadion Sepak Bola Binan. Filipina membutuhkan kemenangan tujuh gol untuk lolos ke semifinal, sembari berharap Kamboja hanya menang tipis dari Malaysia.

Kenyataannya, Filipina hanya bisa membobol gawang Timor Leste, tim terlemah di Grup A, enam kali. Segalanya tampak mudah ketika Stephan Schrock mencetak gol pembuka The Azkals pada menit keempat. Namun, setelah itu perolehan gol Filipina sempat tersendat hingga semenit jelang turun minum.

Amani Aguinaldo, bek berusia 24 tahun, menjadi pencetak gol kedua Filipina. Tidak hanya itu, pemain asal PKNP (Malaysia) itu menambah dua gol lagi pada paruh kedua, tepatnya pada menit 86 dan 90. Gol-gol lain Filipina dikemas Mar Diano (54') dan Dylan de Bruycker (78).

Dalam kondisi Filipina butuh satu gol lagi, mereka malah kebobolan oleh tendangan bebas Nataniel Ries di ujung pertandingan. The Azkals memang memiliki 7 angka, sama seperti Kamboja, tetapi kalah selisih gol sehingga harus puas menjadi peringkat ketiga Grup A.

Berikut ini hasil dan klasemen Grup A SEA Games 2019 pada Rabu (4/12).

Filipina vs Timor Leste 6-1
Pencetak Gol: Nataniel Ries 90+3/ Stephan Schrock 4, Amani Aguinaldo 44, 86, dan 90, Mar Diano 54, Dylan de Bruycker 78

Malaysia vs Kamboja 1-3
Pencetak Gol: Dominic Tan 89/ In Sodavid 56, Sieng Chanthea 57, Keo Sokpheng 68

Tim Main Menang SG Poin
Myanmar 4 3 +4 10
Kamboja 4 2 +6 7
Filipina
4 2 +5 7
Malaysia 4 1 +1 4
Timor-Leste 4 0 −16 0

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight