Piala Gubernur Jatim 2020

Hasil Madura United vs Persebaya Skor 2-4: Bajul Ijo ke Semifinal

Oleh: Beni Jo - 14 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Hasil laga Madura United vs Persebaya Surabaya dalam pertandingan Grup A Piala Gubernur Jatim 2020 yang digelar Jumat (14/2/2020) di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, berakhir dengan skor 2-4.
tirto.id - Hasil laga Madura United vs Persebaya Surabaya dalam pertandingan Grup A Piala Gubernur Jatim 2020 yang digelar Jumat (14/2/2020) di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, berakhir dengan skor 2-4. Dengan demikian, tim Bajul Ijo pun memastikan diri lolos semifinal berkat koleksi 6 poin.

Empat gol yang mengantarkan Bajul Ijo lolos semifinal pada laga ini dihasilkan melalui brace Makan Konate ditambah gol David da Silva dan Arif Satria. Sedangkan dua gol balasan tuan rumah dicetak oleh Alberto Goncalves dan Haris Tuharea.

Melakoni pertandingan terakhir di fase grup, Madura United menurunkan susunan pemain utama. Sentra pertahanan mengandalkan Jaimerson Xavier yang didampingi oleh bek muda Kadek Raditya. Untuk sektor depan, Alberto Goncalves alias Beto menjadi target man dengan didukung oleh Greg Nwokolo serta rekrutan baru, Brian Ferreira.

Sedangkan Persebaya memasang Makan Konate sebagai jenderal lapangan tengah. David da Silva masih menjadi tumpuan dengan menampilkan Bayu Nugroho serta Muhammad Supriadi dari kedua sisi sayap.

Meskipun tampil di kandang lawan, tim Bajul Ijo sudah mampu unggul hingga dua gol pada babak pertama. Makan Konate menjadi aktor dengan mencetak brace ke gawang yang dikawal oleh Satria Tama.

Menit ke-21, gelandang asing yang pernah memperkuat Arema FC, Persib Bandung, dan Barito Putera itu beraksi di dalam kotak penalti Madura United. Berdiri bebas, Konate melepaskan tembakan keras yang menjebol gawang tuan rumah. Skor 0-1.

Di pengujung paruh pertama, Konate kembali mencetak gol. Bola sodoran David da Silva di depan mulut gawang disikat oleh pemain asal Mali ini untuk menjebol gawang Madura United. Kedudukan menjadi 0-2 dan bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Laskar Sape Kerrab langsung mengancam di menit-menit awal. Peluang emas melalui tembakan Alberto Goncalves di garis gawang masih bisa digagalkan oleh barisan pertahanan Persebaya.

Gol yang ditunggu tuan rumah akhirnya datang pada menit ke-60. Kali ini Beto tidak menyia-nyiakan peluang yang didapat. Memaksimalkan assist Brian Ferreira, bomber naturalisasi Timnas Indonesia ini membobol gawang yang dijaga oleh Rivky Mokodompit. Skor menjadi 1-2.

Selang empat menit kemudian, Persebaya justru melebarkan keadaan. Sepakan Ricky Kambuaya ditepis oleh Satria Tama. Namun, bola muntah disambut David da Silva dengan tendangan langsung mengoyak gawang Madura United. Kedudukan berubah 1-3.

Gol Da Silva langsung dibalas oleh Laskar Sape Kerrab. Kali ini Haris Tuharea beraksi dengan mampu mencetak gol kedua untuk Madura United. Menit ke-66, skor menjadi 2-3.

Menit ke-80, Persebaya kembali menjauh. Konate mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan tuan rumah. Bola disambut dengan sundulan langsung oleh Arif Satria yang merobek gawang Satria Tama. Skor 2-4 untuk keunggulan tim Bajul Ijo.



Hingga laga berakhir, tidak ada lagi gol tambahan. Skor 2-4 tetap bertahan. Dengan demikian, Persebaya lolos semifinal dengan mengumpulkan 6 poin dari tiga pertandingan. Demikian pula Madura United. Mereka memang kalah dari Persebaya, tetapi memiliki 4 angka dan unggul selisih gol dari Bhayangkara FC. Pasalnya, di laga lain, Bhayangkara FC kalah 0-3 dari Persik.

Pencetak gol: Makan Konate 21', 45', David da Silva 64', Arif Satria 80' (Persebaya), Alberto Goncalves 60', Haris Tuharea 66' (Madura United)

Daftar Susunan Pemain

Madura United (4-2-3-1): Satria Tama; Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Marckho Sandy Meraudje, Andik Rendika; Guntur Ariyadi, Syahrian Abimanyu; Brian Fereira, Haris Tuharea, Greg Nwokolo; Alberto Goncalves.

Cadangan: M Ridho Djazulie, Dodi Alekvan, Asep Berlian, Zah Rahan Krangar, Rivaldi Bawuo, Emmanuel Oti Essigba

Persebaya (4-3-3): Rivky Deython Mokodompit; Koko Ari Araya, Rizky Ridho Ramadhani, Arif Satria, Abu Rizal Maulana; Aryn Glen Williams, Hambali Tholib, Makan Konate; Bayu Nugroho, Muhammad Supriadi, David da Silva.

Cadangan: Ernando Ari Sutaryadi, Mountala Zoubairou Garba Daniel, Nasir, Muhammad Alwi Slamat, Ricky Kambuaya, Oktafianus Fernando, Patrich Wanggai

Baca juga artikel terkait PIALA GUBERNUR JATIM 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight