Liga Champions

Hasil Juventus vs Ajax Skor 1-1: Sama Kuat di Babak Pertama

Oleh: Gilang Ramadhan - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-1 di babak pertama menjadi hasil Juventus vs Ajax dalam laga lanjutan leg kedua 8 besar Liga Champions 2018/2019 pada Rabu (17/4/2019).
tirto.id - Hasil Juventus vs Ajax dalam laga leg kedua babak 8 besar Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor 1-1 di babak pertama. Bertanding di Allianz Stadium pada Rabu (17/4/2019), sempat unggul lewat Cristiano Ronaldo menit 28, Ajax memaksa babak pertama berakhir sama kuat lewat gol Donny van de Beek menit 34.

Massimiliano Allegri melakukan banyak perubahan susunan pemain sejak terakhir bermain lawan SPAL di ajang Serie A. Hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke babak selanjutnya, Juventus diperkuat Federico Bernardeschi, Paulo Dybala dan Cristiano Ronaldo di lini depan. Namun tanpa Giorgio Chiellini yang masih cedera.

Di pihak tim tamu, Ajax harus kehilangan sosok vital di posisi bek kiri, Nicholas Tagliafico. Pemain asal Argentina itu menjalani larangan akumulasi kartu kuning. Noussair Mazraoui menggantikannya. Sementara Frankie De Jong yang diragukan tampil, telah dapat turun sejak menit awal.



Pertandingan dimulai, tuan rumah mencoba menguasai jalannya laga sejak menit pertama. Namun belum ada peluang tercipta di 10 menit awal. Bahkan Ajax harus melakukan pergantian lebih dini. Noussair Mazraoui mengalami cedera menit 11 dan digantikan oleh Daley Sinkgraven.

Kedua kesebelasan masih sama-sama kesulitan menemukan celah untuk membuat peluang. Memasuki menit ke-19, permainan kedua tim cenderung keras dengan total 6 pelanggaran tercipta, 4 untuk Ajax, 2 untuk Juventus.

Pada menit 20, Ajax berhasil mendapatkan peluang terlebih dahulu. Aksi individu David Neres di sisi kanan kotak penalti tuan rumah diakhiri dengan sepakan yang masih mampu diblok Daniele Rugani. Bola pantulan menggelinding di muka gawang dan disambar Donny van de Beek, namun masih melambung di atas mistar.

Dua menit berselang, Juventus mendapat kesempatan pertamanya. Paulo Dybala melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti, akan tetapi bola masih mampu diamankan oleh kiper Ajax, Andre Onana, dengan apik.

Memasuki menit 28, Juventus berhasil membuka keunggulan. Bermula dari sepak pojok Miralem Pjanic, Cristiano Ronaldo berhasil meloloskan diri dari kawalan bek Ajax. Dengan mudah, Ronaldo menanduk bola dengan keras ke sisi kanan gawang.

Ajax berhasil menyamakan kedudukan selang enam menit kemudian. Donny van de Beek berhasil lolos dari jebakan offside ketika menahan sepakan spekulasi Hakim Ziyech. Para bek Juventus mengira van de Beek berada di posisi offside dan membiarkannya melepaskan sepakan mendatar ke sisi kanan gawang dengan mudah.

Wasit sempat membutuhkan bantuan tim VAR untuk menentukan gol tersebut. Dalam tayangan ulang, van de Beek terlihat memang berada di posisi on side. Skor berubah menjadi 1-1.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Juventus menciptakan 5 peluang, 2 di antaranya menemui sasaran dari 51% penguasaan bola. Sedangkan Ajax tampil lebih efisien dengan hanya melepaskan 1 shots on target yang langsung berbuah gol.

Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi, Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo. Pelatih: Massimiliano Allegri.

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Noussair Mazraoui (Daley Sinkgraven 11'); Lasse Schone, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic. Pelatih: Erik Ten Hag.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight