Liga Champions

Hasil Juventus vs Ajax: De Joden Singkirkan Si Nyonya Tua

Oleh: Gilang Ramadhan - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 1-2 menjadi hasil Juventus vs Ajax dalam pertandingan leg kedua 8 besar Liga Champions 2018/2019 yang berlangsung pada Rabu (17/4/2019).
tirto.id - Hasil Juventus vs Ajax dalam laga leg kedua babak 8 besar Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor akhir 1-2. Bertempat di Allianz Stadium pada Rabu (17/4/2019), bermain imbang di paruh pertama, de Joden sukses menyingkirkan Si Nyonya Tua berkat gol Matthijs De Ligt. Ajax unggul dengan skor agregat 3-2 dan berhak lolos ke semifinal.

Kedua tim bermain sama kuat di babak pertama dengan skor 1-1. Tuan rumah memiliki 5 peluang, 2 di antaranya menemui sasaran. Sedangkan Ajax tampil lebih efisien dengan hanya melepaskan 1 shots on target yang langsung berbuah gol dari 49% penguasaan bola.

Juventus berhasil membuka keunggulan pada menit ke-28. Bermula dari sepak pojok Miralem Pjanic, Cristiano Ronaldo berhasil meloloskan diri dari kawalan bek Ajax. Dengan mudah, Ronaldo menanduk bola dengan keras ke sisi kanan gawang.

Ajax berhasil menyamakan kedudukan selang enam menit kemudian. Donny van de Beek berhasil lolos dari jebakan offside ketika menahan sepakan spekulasi Hakim Ziyech. Para bek Juventus mengira van de Beek berada di posisi offside dan membiarkannya melepaskan sepakan mendatar ke sisi kanan gawang dengan mudah.



Memasuki paruh kedua, Ajax mengancam terlebih dahulu melalui sepakan Lasee Schone saat laga berjalan lima menit. Upayanya dari luar kotak penalti meneruskan umpan Dusan Tadic masih mampu diblok oleh Daniele Rugani dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Dua menit kemudian, Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan penting. Hakim Ziyech berhasil menerima umpan Donny van de Beek di sisi kanan kotak penalti. Kendati tak terkawal dengan ketat, sepakan keras Ziyech masih ditahan dengan satu tangan oleh Szczesny.

Szczesny kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit 57. Sepakan melengkung Donny van de Beek dari luar kotak penalti ke sisi kanan atas gawang, mampu ditepisnya dengan satu tangan. Ajax kembali mendapat sepak pojok.

Terus mengurung pertahanan Juventus sejak babak kedua dimulai, Ajax berbalik memimpin pada menit 67. Memanfaatkan umpan sepak pojok dari Lasse Schone, Matthijs de Ligt sukses mengungguli para bek Juventus untuk menanduk bola. Bola hasil tandukannya melaju deras ke pojok kiri atas gawang.

Skor agregat berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Ajax. Juventus membutuhkan dua gol tambahan untuk memastikan lolos ke babak semifinal.

De Joden hampir memperlebar keunggulannya pada menit 74. Hakim Ziyech mengirim umpan terobosan ke kotak penalti. David Neres berhasil meraihnnya, akan tetapi sepakan pemain muda berusia 21 tahun asal Brasil itu masih melebar dari sasaran.

Cristiano Ronaldo mendapat kans untuk menyamakan skor ketika laga memasuki menit 78. Memanfaatkan umpan tarik Joao Cancelo, Ronaldo berhasil menyundul bola, namun bola masih terlalu lemah di hadapan Andre Onana.

Satu menit kemudian, Hakim Ziyech berhasil menggetarkan jala gawang Juventus. Namun wasit menganulir gol tersebut lantaran sang winger terlebih dahulu berada di posisi offside saat menyambut umpan David Neres.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Ajax bertahan. Juventus mencatatkan 10 peluang, 3 di antaranya mengarah ke gawang Andre Onana. Sedang Ajax memiliki 4 shots on target dari 11 percobaan mencetak gol.

Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio (Joao Cancelo 64'), Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi (Rodrigo Bentacur 80'), Paulo Dybala (Moise Kean 46'), Cristiano Ronaldo. Pelatih: Massimiliano Allegri.

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Noussair Mazraoui (Daley Sinkgraven 11') (Lissandro Magallan 82'); Lasse Schone, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech (Klaas Jan Huntelaar 88'), Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic. Pelatih: Erik Ten Hag.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus