International Friendly Match

Hasil Italia vs Ukraina Skor Akhir 1-1, Azzurri Gagal Menang

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 11 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laga persahabatan internasional antara Italia vs Ukraina di Stadion Luigi Ferraris, Kamis (11/10/2018) berkesudahan dengans skor akhir 1-1.
tirto.id - Laga persahabatan internasional antara Italia vs Ukraina di Stadion Luigi Ferraris, Kamis (11/10/2018) berkesudahan dengan skor akhir 1-1. Gol Federico Bernardeschi pada menit ke-55 yang sempat membawa Italia unggul berhasil disamakan oleh Ruslan Malinovskiy tujuh menit berselang.

Dalam laga uji coba sebagai pemanasan menuju Liga Negara Eropa ini, Roberto Mancini yang menggunakan patron 4-3-3 mempercayakan Lorenzo Insigne untuk memimpin lini serang. Di belakang Insigne, Mancini menjadikan Jorginho sebagai jenderal lini tengah.

Sementara itu, kubu tim tamu tidak diperkuat Andriy Yarmolenko dalam laga ini. Gelandang West Ham itu dicadangkan oleh pelatih Andriy Shevchenko. Tanpa Yarmolenko, Shevchenko mengandalkan Marolos dan Yevhen Konoplaynka untuk memimpin serangan dari sayap.

Di babak pertama, Italia bermain lebih dominan dan sering berusaha mengurung tim tamu. Italia pun lebih banyak menguasai bola dan mengancam gawang Ukraina. Untung bagi tim tamu, kiper Andriy Pyatov tampil gemilang sehingga memaksakan skor 0-0 hingga turun minum.



Memasuki babak kedua, ketangguhan Pyatov baru bisa dijebol oleh skuat asuhan Roberto Mancini. Pada menit 55, Federico Bernadeschi sukses menyarangkan bola. Menerima umpan dari Alessandro Florenzi, Bernadeschi melakukan tusukan dan melepaskan tembakan yang menaklukkan Pyatov. Skor 1-0 bagi Italia.

Pada menit 60, Italia mendapat peluang emas lewat pemain pengganti, Ciro Immobile. Dengan memanfaatkan kesalahan Ruslan Malinovskiy, Immobile berhasil masuk ke kotak penalti. Namun bukannya menembak, Immobile malah mengirim umpan dengan melambungkan bola ke tiang jauh. Federico Chiesa yang dituju pun gagal menjangkau bola sehingga peluang emas Italia sia-sia.

Kegagalan tersebut harus dibayar mahal oleh Italia. Pasalnya, Ukraina berhasil menyamakan kedudukan pada menit 62. Berawal dari situasi sepak pojok, Malinovskiy melepaskan tembakan yang mengecoh Gianluigi Donnarumma. Skor pun menjadi 1-1.

Pada menit 70, tendangan bebas Malinovskiy mengancam gawang tuan rumah. Gelandang Ukraina itu melepaskan tembakan yang mengenai tiang gawang Italia. Bola muntah pun dikuasai kembali oleh pemain Ukraina. Namun, serangan Ukraina yang diakhiri oleh sundulan Taras Stepanenko masih bisa diamankan Donnarumma.

Pada menit 79, Ukraina hampir saja berbalik unggul. Dari sayap kiri, Ivan Ptryak mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti Italia. Viktor Tsygankov pun menyambut bola dengan tendangan keras. Namun sayangnya, tendangan Tsygankov masih melebar.

Meskipun saling bertukar serangan, kedua tim gagal mencetak gol hingga laga berakhir. Sepanjang pertandingan, Italia bermain lebih dominan dengan 66% penguasan bola dan 12 tembakan. Sementara itu, Ukraina yang mencatatkan 34% penguasaan bola dan sembilan tembakan juga sering melancarkan serangan balik berbahaya di babak kedua.

Susunan Pemain Italia vs Ukraina.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Cristiano Biraghi; Marco Verratti, Jorginho, Nicolo Barella; Federico Bernardeschi, Lorenzo Insigne, Federico Chiesa.

Pelatih: Roberto Mancini.

Ukraina (4-1-4-1): Andriy Pyatov; Aleksandr Karavayev, Mykyta Burda, Yaroslav Rakitskiy, Mykola Matvyenko; Serhiy Sydorchuk; Marlos, Aleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Yevhen Konoplyanka; Roman Yaremchuk.

Pelatih: Andriy Shevchenko.


Baca juga artikel terkait LAGA PERSAHABATAN INTERNASIONAL atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim
Dari Sejawat
Infografik Instagram