Hasil Hitung Cepat SMRC Tak Satupun Partai Baru Lolos Pemilu 2019

Oleh: Hendra Friana - 17 April 2019
Berdasarkan hasil hitung cepat SMRC dari empat partai baru yang terdaftar sebagai peserta Pemilu Legislatif 2019 ternyata tak ada satu partai pun yang meraih suara di atas tiga persen.
tirto.id -
Berdasarkan hasil hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dari empat partai baru yang terdaftar sebagai peserta Pemilu Legislatif 2019 ternyata tak ada satu partai pun yang meraih suara di atas tiga persen.

Jika melihat dari data yang baru mencapai 54,20 persen, partai-partai baru itu punya peluang untuk bisa beranjak dari posisi saat ini.

Namun, kemungkinan mereka untuk lolos parlementary treshold sebesar empat persen nampaknya kecil.

Bila diurutkan berdasarkan perolehan suara sementara, Partai Perindo besutan Harry Tanoe Soedibjo menempati posisi yang paling atas dibandingkan tiga partai lainnya.

Sementara partai Garuda yang dipunggawai Ahmad Riza Savana menempati posisi paling bawah dengan raihan suara 0,63 persen.

Dua partai baru lainnya, yang berada di belakang Perindo, berturut-turut adalah Berkarya dengan raihan suara 2,07 persen dan PSI dengan perolehan suara 1,94 persen.

Selain partai-partai baru, partai lama yang kembali masuk ke dalam Pemilu Legislatif 2019 seperti Hanura, PBB dan PKPI juga terancam tak lolos ambang batas parlemen.

Raihan suara tiga partai itu masing-masing sebesar 1,66 persen; 0,84 persen serta 0,30 persen.




Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Nur Hidayah Perwitasari