Liga Italia

Hasil Fiorentina vs Inter Milan: Veretout Selamatkan La Viola

Oleh: Gilang Ramadhan - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Skor akhir 3-3 menjadi hasil Fiorentina vs Inter Milan dalam laga penutup pekan 25 Liga Italia 2018/2019 pada Senin (25/2/2019).
tirto.id - Hasil Fiorentina vs Inter Milan dalam laga penutup pekan 25 Liga Italia Serie A 2018/2019 berkesudahan dengan skor akhir 3-3. Bermain di Stadion Artemio Franchi pada Senin (25/2/2019) dini hari waktu Indonesia, gol penalti Jordan Veretout pada menit 90+10 menyelamatkan La Viola dari kekalahan.

Hasil imbang imbang ini membuat Fiorentina mengoleksi 36 poin dari 22 laga, namun masih menempati peringkat 9 klasemen. Sedang bagi Inter Milan, hasil ini membuat jarak mereka dengan Napoli di posisi 2 menjadi 9 poin dan hanya berjarak 2 poin dari AC Milan di peringkat 4.

Pertandingan baru berjalan 16 detik, tuan rumah sudah lebih dahulu unggul lewat gol bunuh diri Stefan De Vrij. Bermula dari umpan tarik Federico Chiesa yang dikonversi Giovanni Simeone menjadi sepakan ke arah gawang, bola sempat menyentuh De Virj dan menjadi gol. Samir Handanovic tidak dapat mengantisipasinya.

Akan tetapi, Inter Milan langsung membalasnya pada menit ke-5 melalui Matias Vecino. Bermula dari situasi sepak pojok yang berujung kemelut, Radja Nainggola berhasil meraih bola dan memberikan umpan lambung ke tiang jauh. Vecino dengan baik menjadikannya gol penyeimbang.

Nerazzurri berbalik unggul ketika laga menunjukkan menit ke-40. Aksi individu Matteo Politan di sisi kiri pertahanan Fiorentina berhasil ia akhiri dengan sepakan melengkung dari luar kotak penalti. Bola yang melaju deras ke sudut kiri bawah gawang tidak mampu dibendung oleh Albant Lafont.

Skor 2-1 untuk keunggulan Inter Milan bertahan hingga 45 menit awal usai. Kedua kesebelasan sama-sama memiliki 50% penguasaan bola. Fiorentina berhasil mencatatkan 4 peluang. Sementara tim tamu mendapatkan 4 peluang yang 3 di antaranya menemui gawang Alban Lafont.



Memasuki paruh kedua pertandingan, Inter Milan langsung berhasil menambah keunggulannya pada menit 52 melalui penalti Ivan Perisic. Fiorentina diganjar penalti usai Edimilson Fernandes melakukan handball di kotak terlarang setelah ditinjau ulang melalui tayangan VAR.

La Viola berhasil mencetak gol pada menit 60 melalui sepakan Cristiano Biraghi. Menerima umpan Luis Muriel di depan kotak penalti, sepakan keras Biraghi melaju deras ke gawang Samir Handanovic. Namun wasit menganulir gol tersebut usai meninjau ulang lewat VAR. Sang pengadil merasa terlebih dahulu terjadi pelanggaran sebelum gol tercipta.

Federico Chiesa dari Fiorentina hampir memperkecil ketertinggalan pada menit 72. Sepakan spekulasinya dari luar kotak penalti membentur kaki dari Milan Skriniar yang membuat arah bola berbelok. Kendati Samir Handanovic sudah tak mampu menjangkau bola, beruntung arah bola masih melebar dari gawang.

Dua menit kemudian, Luis Muriel berhasil mencetak gol lewat situasi tendangan bebas di depan kotak penalti. Sepakan kaki kanan pemain yang menggantikan Giovanni Simeone pada menit 57 itu melaju deras ke pojok kanan atas gawang Samir Handanovic.

Di sisa 7 menit waktu tambahan yang diberikan wasit, kemenangan 3-2 Inter Milan buyar. Wasit memberiakan penalti kepada Fiorentina pada menit 90+6 usai Danilo D'Ambrosio terlihat menahan umpan Federico Chiesa di kotak penalti dengan tangannya.

Jordan Veretout yang mengambil tugas eksekusi penalti sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Bola yang ia arahkan ke sudut kiri bawah gawang tak mampu diantisipasi Samir Handanovic yang melompat ke arah berlawanan.

Skor imbang 3-3 bertahan hingga laga usai. Tuan rumah mencatatkan 11 peluang yang 2 di antaranya menemui gawang dari total 46% penguasaan bola. Sementara Inter Milan hanya memiliki 6 peluang, namun 5 di antaranya tepat ke gawang Alban Lafont.


Susunan Pemain

Fiorentina (4-3-3): Alban Lafont; Vincent Laurini (Bryan Dabo 79'), Federico Ceccherini, Vitor Hugo, Cristiano Biraghi; Jordan Veretout, Marco Benassi (Marko Pjaca 58'), Edimilson Fernandes; Federico Chiesa (c), Giovanni Simeone (Luis Muriel 57'), Gerson. | Pelatih: Stefano Pioli.

Inter Milan (4-2-3-1): Samir Handanovic (c); Danilo D'Ambrosio, Stefan de Vrij, Milan Skriniar, Dalbert (Kwadwo Asamoah 62'); Matias Vecino, Marcelo Brozovic; Matteo Politano (Antonio Candreva 77'), Radja Nainggolan (Borja Valero 90'), Ivan Perisic; Lautaro Martínez. | Pelatih: Luciano Spalletti.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus