Hasil Final Voli Putra SEA Games 2019: Indonesia Raih Medali Emas

Oleh: Addi M Idhom - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas Bola Voli Putra SEA Games 2019. Indonesia menumbangkan tuan rumah di partai final dengan kemenangan 3-0.
tirto.id - Hasil final Bola Voli Putra SEA Games 2019 hari ini menambah perolehan medali emas Kontingen Indonesia. Di partai final, Timnas Voli Putra Indonesia berhasil menundukkan Filipina dalam tiga set langsung.

Dengan kemenangan telak 3-0, Timnas Voli Putra Indonesia menyudahi perlawanan wakil tuan rumah melalui skor 25-21, 27-25 dan 25-17.

Selain memastikan keluar sebagai juara, Timnas Indonesia pun tercatat tidak pernah terkalahkan dan selalu menang dengan angka telak selama pertandingan SEA Games 2019.

Sejak pertandingan fase grup, semifinal hingga final, Timnas Indonesia selalu berhasil menang dalam tiga set langsung. Kemenangan atas Filipina dalam laga final di Philsports Arena, Metro Manila, Selasa (10/12/2019), juga mengulangi hasil pertandingan kedua tim di babak fase grup.

Adapun medali emas Voli Putra SEA Games kali ini merupakan yang pertama kali diraih oleh Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, Timnas Voli Putra Indonesia tercatat hanya meraih perak.

Filipina sebenarnya juga bukan lawan yang mudah bagi Indonesia. Tim Voli Putra tuan rumah bahkan sempat membikin kejutan dengan menumbangkan juara bertahan, Thailand di semifinal dalam pertandingan lima set.

Namun, selama laga final berlangsung, Nizar Munawar dkk mampu menunjukkan permainan impresif dan dapat meredam permainan tuan rumah melalui spike-spike keras.

Dukungan suporter tuan rumah memang menjadi tantangan bagi para pemain Indonesia sejak awal pertandingan. Sekalipun demikian, Tim Merah Putih bisa memenangkan set pertama, dengan skor 25-21.

Set kedua kemudian sempat berjalan lebih ketat. John Vic de Gusman dkk mampu memberikan perlawanan yang memaksa Indonesia hanya unggul 27-25.

Sedangkan saat memasuki set ketiga, Timnas Voli Putra Indonesia mampu lebih mendominasi permainan sehingga dapat mengakhiri perlawanan tuan rumah melalui keunggulan telak, 25-17.

Medali emas dari cabang olahraga Voli Putra ini menambah koleksi Kontingen Indonesia. Hingga Selasa malam, atau sehari sebelum penutupan SEA Games 2019, Indonesia tercatat sudah meraih 72 medali emas, 82 medali perak dan 111 medali perunggu.

Dengan perolehan medali sebanyak itu, Indonesia masih menduduki peringkat keempat di tabel klasemen perolehan medali SEA Games 2019.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight