Hasil Final NBA 2019 Game 5: Warriors Menang, Jaga Asa Juara

Oleh: Permadi Suntama - 11 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil final NBA 2019 game kelima antara Golden State Warriors vs Toronto Raptors berakhir 106-105 sehingga kini kedudukan menjadi 2-3, masih untuk keunggulan Raptors.
tirto.id - Golden State Warriors berhasil menang di Game 5 final NBA 2019 atas tuan rumah Toronto Raptors di Scotiabank Arena, Toronto, Selasa (11/6/2019). Mereka menaklukkan Raptors dengan skor 106-105, sekaligus memaksakan setidaknya terjadi game keenam di partai final dengan format best of seven ini.

Tembakan three point Stephen Curry dan Klay Thompson jelang berakhirnya laga, membuat Warriors menipiskan jarak jadi 2-3 atas Raptors. Andai dalam game kelima ini GSW yang tumbang, Raptors yang akan menjadi juara NBA 2019, mengingat skor akan menjadi 1-4.

Pemain andalan Warriors, Kevin Durant, kembali tampil dalam gim ini. Dia menyumbang 11 poin dan 2 rebound. Namun, partisipasi Durant tidak bertahan lama. Ia hanya bermain 11 menit dan 57 detik, lantas menepi karena cedera.

Di kuarter 1, Golden State Warriors berhasil mengumpulkan angka lebih banyak dibanding tuan rumah. Tembakan 3 angka Stephen Curry mengawali perolehan skor Warriors, yang sempat dibalas tembakan 2 angka Marc Gasol. Warriors terus memimpin dalam posisi 28-34.

Memasuki kuarter 2, permainan kedua tim mulai berimbang. GSW memang sempat leading cukup jauh, tetapi Pascal Siakam dan rekan-rekan berhasil menempel perolehan angka Warriors. Hanya, marjin 6 poin tetap bertahan untuk keunggulan Warriors 56-62 di paruh pertandingan.

Warriors yang mengusung misi wajib menang, karena sudah kalah 3 kali, terus mencoba mempertahankan keunggulannya. Namun, dukungan publik Scotiabank Arena, membuat Kyle Lowry dan kolega semakin bersemangat meraih gelar juara NBA pertama mereka dalam sejarah.



Raptors berhasil membalikkan keunggulan menjadi 103-97 ketika laga menyisakan waktu di bawah 3 menit. Namun, perolehan poin tuan rumah justru mandek, sementara tembakan-tembakan three point Stephen Curry dan Klay Thompson, membuat Warriors akhirnya mengunci kemenangan 105-106 di akhir pertandingan.

Dengan hasil tersebut The Royal Blue berhasil menjaga peluang mereka untuk menjuarai NBA 2019, dan meipiskan kedudukan menjadi 2-3 di final series NBA 2019.

Di pertandingan selanjutnya, Warriors akan bertindak sebagai tuan rumah. Pada 2 laga sebelumnya Stephen Curry dan kolega selalu tumbang atas Raptors saat bermain di kandang sendiri, yakni Oracle Arena.

Berdasarkan statistik, Stephen Curry dan kolega membuat 38 field goals dan 20 tembakan three point, sementara tuan rumah membuat 38 field goals dan 8 kali tembakkan three point.

Kawhi Leonard menjadi penyumbang poin terbanyak Toronto Raptors dengan 26 poin, sedangkan Stephen Curry, menjadi penyumbang poin terbanyak Warriors, dengan 31 poin.

Starter

Toronto Raptors: Kawhi Leonard; Pascar Siakam; Marc Gasol; Kyle Lowry; Danny Green.

Golden State Warriors: Kevin Durant; Klay Thompson; Stephen Curry; Andre Iguodala; Draymond Green.

Baca juga artikel terkait NBA 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus