EURO 2021

Hasil Final EURO 2021 Tadi Malam: Italia vs Inggris 0-1 di Babak 1

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil final EURO 2021 tadi malam Italia vs Inggris skor 0-1 di babak pertama lewat gol cepat Luke Shaw. Apakah The Three Lions akan juara Piala Eropa?
tirto.id - Hasil babak pertama final EURO 2021 (2020) antara Italia vs Inggris pada Senin (12/7/2021) berakhir dengan skor 0-1. Gol cepat Luke Shaw membuat Gli Azzurri tertinggal dalam 45 menit awal laga puncak Piala Eropa di Stadion Wembley, London. Akankah The Three Lions meraih gelar EURO pertama sepanjang sejarah?

Gol cepat Luke Shaw yang terjadi ketika laga berjalan 1 menit 57 detik, adalah gol tercepat yang tercipta di final EURO sepanjang sejarah. Gol ini tercipta lebih kilat dari tembakan Chus Pereda (5 menit 4 detik) dalam laga final EURO 1964 antara Spanyol vs Uni Sovyet (2-1).



Inggris menurunkan formasi 3-4-2-1 dalam laga final EURO 2021. Pelatih Gareth Southgate memakai pola 3 bek sejajar dibantu dengan dua bek sayap, Kieran Trippier (Atletico Madrid) dan Luke Shaw (Manchester United). Sementara itu, di depan penyerang ulung Harry Kane digantung sendirian.

Di sisi lain, Roberto Mancini dari Italia tidak mengubah susunan starting XI miliknya. Gli Azzurri menggunakan taktik 4-3-3 dengan Ciro Immobile ditopang Federico Chiesa dan Lorenzo Insigne di depan. Kombinasi bek veteran Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini menjadi palang pintu.

Italia yang secara keseluruhan menjalani partai final turnamen besar ke-10 sepanjang sejarah, mendapaktan kejutan besar dari Inggris ketika laga belum berjalan 2 menit. Tepatnya ketika memasuki detik ke-117.

Bermula dari tendangan sudut Italia yang gagal, Inggris menyusun serangan balik kilat. Kieran Trippier mengirim umpan silang yang disambut oleh Luke Shaw dengan tembakan first time. Bola masuk ke sudut dekat gawang GIanluigi Donnarumma. Ini adalah gol pertama Shaw di level internasional, Inggris memimpin 0-1.

Gol cepat itu memaksa Italia bekerja keras. Ada kesempatan dari tendangan bebas (8') tetapi upaya Insigne sia-sia. Tidak ada jalan lain bagi pasukan Mancini untuk terus mengurai pertahanan Inggris dengan memonopoli penguasaan bola. Namun, hingga setengah jam, 2 percobaan Azzurri selalu dilakukan Insigne yang semuanya tidak mengarah gawang.

Menit 37, Federico Chiesa berhasit mempertahankan bola ketika diganggu oleh Declan Rice. Ia terus mendesak ke dekat wilayah penalti Inggris, tetapi kemudian percobaannya masih melebar dari sisi gawang. Ini dibalas Inggris dengan bola silang Luke Shaw yang tidak disambar siapa pun sebelum disapu Emerson.

Ujung babak pertama, dominasi Italia berlanjut. Namun, tembakan Immobile diblok, sedangkan upaya Marco Verratti terlalu lemah ke jalur Jordan Pickford. Inggris tampak dalam rute menuju clean sheet keenam dalam 7 pertandingan EURO 2021. Sebaliknya, Italia masih punya 45 menit untuk membalikkan situasi.



Pencetak Gol: Luke Shaw 2'

ITALIA (4-3-3):
Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

INGGRIS (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane.

Statistik Babak Pertama Final EURO 2021


Tembakan Tepat Sasaran: Italia 1 - Inggris 1
Tembakan Off Target: Italia 4 - Inggirs 0
Tembakan Diblok: Italia 1 - Inggris 0
Tendangan Sudut: Italia 1 - Inggris 2

Penguasaan Bola: Italia 62 persen - Inggris 38 persen
Akurasi Umpan: Itala 89 persen - Inggris 73 persen
Tackle: Italia 12 - Inggris 5
Blok: Italia 0 - Inggris 1
Sapuan Bersih: Italia 6 - Inggris 8

Baca juga artikel terkait EURO 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight