Liga Champion 2020-21

Hasil Drawing UCL 2020-21: Pembagian Grup Liga Champions & Jadwal

Oleh: Fitra Firdaus - 1 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Hasil drawing UCL 2020-21: pembagian grup Liga Champion memastikan Juventus-Barcelona di Grup G, Real Madrid-Inter di Grup B, Bayern-Atletico Grup A.
tirto.id - Hasil drawing fase penyisihan (babak utama) Liga Champions 2020/2021 pada Kamis (1/10/2020) memastikan bertemunya Juventus (Italia) yang memiliki Cristiano Ronaldo dan Barcelona (Spanyol) yang punya Lionel Messi di Grup F. Selain mereka, di grup yang sama ada Dynamo Kyiv (Ukraina) dan Ferencvaros (Hongaria).

Hanya berselang 2 bulan sejak Bayern Munchen (Jerman) juara Liga Champions 2019/2020, Die Roten sudah bertugas untuk mempertahankan gelar mereka dalam penyisihan grup UCL yang dimulai pada 21 Oktober 2020 ini. Dalam hasil undian UCL, Bayern berada dalam Grup A bersama finalis UCL 3 kali Atletico Madrid (Spanyol), juga Salzburg (Austria) dan Lokomotiv Moskwa (Rusia).

Sementara itu, Real Madrid (Spanyol) sang juara UCL terbanyak dengan 13 gelar, akan bertarung di Grup B. Los Blancos asuhan Zinedine Zidane mendapatkan undian yang sulit ditebak, terutama karena kehadiran Internazionale (Italia) yang diasuh Antonio Conte, di samping Shakhtar Donetsk dan Moenchengladbach (Jerman).



Di Grup H, finalis UCL musim lalu, PSG akan memulai kampanye mereka menghadirkan trofi Eropa pertama sejak mendapatkan limpahan uang Qatar Spots Investments (QSI). Paris yang memiliki dua pemain dengan transfer termahal dunia, Kylian Mbappe dan Neymar, mesti menjajal Manchester United, tim yang pernah mengeliminasi mereka di 16 besar UCL 2018/2019.

Untuk menambah ketat persaingan, di grup ini ada RB Leipzig, pasukan muda asal Jerman yang musim lalu pertama kali mampu menembus perempat final. Istanbul Basaksehir (Turki) layak diwaspadai karena mereka adalah "tuan rumah" untuk laga final UCL musim ini.

Persaingan yang cukup berimbang bisa dilihat di Grup D. Liverpool, juara Liga Inggris musim lalu, akan mengukur kualitas mereka dengan berjumpa Ajax (Belanda), Atalanta (Italia), dan Midtjylland (Denmark). Jika melihat kejutan Atalanta musim lalu yang bisa mencapai perempat final, Nerazzurri bisa berbicara banyak di UCL tahun ini.



Manchester City tampak mendapatkan undian yang lebih mudah di Grup C. Lawan The Citizens yang masih mengincar trofi Eropa pertama sejak ditangani Pep Guardiola adalah Porto (Portugal), Olympiakos (Yunani), dan Marseille (Perancis).

Grup E dan Grup F juga punya tingkat kompetisi yang menarik. Sevilla (Spanyol) dan Chelsea (Inggris) ada dalam grup yang sama, dengan potensi ancaman dari Krasnodar (Rusia) hingga Rennes (Perancis).

Borussia Dortmund (Jerman) dan Lazio (Italia) tampak jadi favorit di Grup F. Namun, posisi Zenit (Rusia) sebagai tim asal pot 1 tidak dapat dianggap enteng. Brugge (Belgia) juga punya banyak pengalaman di Eropa.



Hasil Drawing UCL 2020: Fase Grup


Berikut ini hasil drawing penyisihan grup Liga Champions 2020/2021.

Grup A

Bayern Munchen
Atletico Madrid
Salzburg
Lokomotiv Moskwa

Grup B
Real Madrid
Shakhtar Donetsk
Internazionale
Borussia Moenchengladbach

Grup C
Porto
Manchester City
Olympiakos
Marseille

Grup D
Liverpool
Ajax
Atalanta
Midtjylland

Grup E
Sevillla
Chelsea
Krasnodar
Rennes

Grup F
Zenit
Dortmund
Lazio
Brugge

Grup G
Juventus
Barcelona
Dynamo Kyiv
Ferencvaros

Grup H
PSG
Manchester United
RB Leipzig
Istanbul Basaksehir

32 tim yang tampil di fase grup Liga Champions 2020/2021 terdiri dari 26 tim yang sudah otomatis lolos ke babak utama ditambah 6 tim yang lolos lewat jalur kualifikasi hingga play-off.

Tim-tim ini dikelompokkan ke dalam 4 pot. Di pot pertama, UEFA meletakkan juara bertahan UCL, juara Liga Eropa, dan 6 tim juara liga dengan peringkat teratas UEFA. Sementara itu, di pot 2, pot 3, dan pot 4, tim-tim disusun berdasarkan koefisien klub di kompetisi Eropa.

Tim yang berasal dari liga yang sama, misalnya Liga Jerman, tidak dapat dimasukkan ke dalam grup yang sama, meskipun berada di pot yang berbeda. Dalam undian ini, tim dengan koefisien klub tertinggi adalah Bayern Munchen (Jerman) dengan 136.000 poin, sedangkan yang terendah adalah Ferencvaros (Hongaria) dengan 9.000 poin.



Infografik Hasil Drawing Liga Champions 2020/2021
Infografik Hasil Drawing Liga Champions 2020/2021. tirto.id/Fuadi


Jadwal Liga Champion 2020 Terbaru


Jadwal babak penyisihan grup Liga Champions 2020/2021 akan dimulai sejak matchday pertama yang berlangsung pada 21-22 Oktober 2020 hingga matchday keenam pada 9-10 Desember 2020. Total akan ada 16 tim yang lolos dari babak ini ke fase gugur UCL yang dimulai sejak 16 besar.

Seperti musim-musim sebelumnya, kecuali musim lalu yang ditunda dan mengalami perubahan format karena pandemi COVID-19, seluruh fase gugur sejak 16 besar hingga semifinal akan menggunakan konsep kandang dan tandang.

Partai 16 besar akan digelar pada 17-18 dan 24-25 Februari 2021 untuk leg pertama, dan 9-10 juga 16-17 Maret 2021 untuk leg kedua. Sementara itu, laga perempat final UCL akan berlangsung pada 7-8 April 2021 (leg pertama) dan 14-15 April 2021 (leg kedua).

Pertandingan semifinal Liga Champions musim ini akan dimainkan pada 28-29 April 2021 untuk leg pertama dan 5-6 Mei 2020 untuk leg kedua. Partai puncak atau final digelar di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki pada 30 Mei 2021 dengan format single leg.

Baca juga artikel terkait HASIL DRAWING UCL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight