Hasil Copa del Rey 2019 Sevilla vs Barcelona 2-0, Kalah Tanpa Messi

Oleh: Fitra Firdaus - 24 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-0 menjadi hasil Sevilla vs Barcelona di leg pertama perempat final Copa del Rey pada Kamis (24/1/2019) berkat gol Pablo Sarabia dan Wissam Ben Yedder. Barca terancam gagal mempertahankan gelar.
tirto.id - Sevilla menaklukkan Barcelona dengan skor 2-0 di leg pertama perempat final Copa del Rey pada Kamis (24/1/2019). Dua gol kemenangan Los Nervionenses di Ramon Sanchez Pijzuan dicetak oleh Pablo Sarabia dan Wissam Ben Yedder. Barca sendiri tidak membawa Lionel Messi di laga ini.

Pertaruhan besar Ernesto Valverde tanpa Messi ini dapat membuat sang juara bertahan untuk pertama kalinya gagal menembus final dalam enam tahun terakhir. Untuk lolos ke semifinal, Barca harus menang dengan selisih tiga gol di Camp Nou pada leg kedua.

Barcelona menurunkan formasi 4-3-3 dengan memasang Kevin Prince Boateng, rekrutan terbaru mereka, dalam starting XI. Boateng ditriokan dengan Carles Alena dan Malcom. Tim "pelapis" Barca ini meladeni tun rumah Sevilla yang memakai pola 3-4-1-2.

Sevilla memiliki peluang pada menit ke-36. Melalui serangan kilat, Wissam Ben Yedder masuk ke kotak penalti. Ia mengecoh Sergi Roberto dan Artur sekaligus, tetapi tembakan lengkungnya masih tidak menemui sasaran.

Lima menit berselang, barcelona mengancam. Umpan terobosan Arthur membelah pertahanan Sevilla. Malcom sukses melewati kiper Juan Soriano, tetapi dengan sudut sempit di depan mata, tembakannya melebar.

Masalah besar datang untuk sang juara bertahan pada menit ke-58. Quincy Promes mengirim umpan silang jitu yang diselesaikan oleh Pablo Sarabia. Sevilla unggul, dan ini direspons Ernesto Valverde dengan memasukkan Philippe Coutinho serta Luis Suarez.

Barcelona tidak mendapatkan gol yang mereka cari. Bahkan, setelah nyaris kebobolan oleh Sergio Escudero pada menit ke-61, mereka semakin tertinggal 14 menit jelang bubaran.

Dominasi penguasaan bola Barcelona menjadi sia-sia ketika serangan balik tuan rumah berujung pada bola Ever Banega yang berbelok oleh Sergi Roberto. Ada Wissam Ben Yedder di ruang yang tepat, dan mudah saja untuk sang penyerang menaklukkkan Jasper Cillessen.

Tidak ada gol balasan dari Barcelona meski mereka unggul penguasaan bola hingga 60 persen. Sevilla terbukti lebih efektif dengan total 15 tembakan, 3 di antaranya tepat sasaran. Sekali lagi seperti saat melawan Levante, sang juara bertahan terancam tersingkir lebih cepat.



Pencetak Gol: Pablo Sarabia 58, Wissam Ben Yedder 76

Sevilla (3-4-1-2): Juan Soriano; Gabriel Mercado, Simon Kjaer, Sergi Gomez; Jesus Navas (Andre Silva 71), Ibrahim Amadou, Ever Banega, Sergio Escudero (Guilherme Arana 88); Pablo Sarabia (Franco Vazquez 67); Wissam Ben Yedder, Quincy Promes.

Barcelona (4-3-3): Jasper Cillessen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Nelson Semedo (Jordi Alba 80); Arturo Vidal, Ivan Rakitic, Arthur; Carles Alena, Kevin-Prince Boateng (Luis Suarez 63), Malcom (Philippe Coutinho 63)

Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus