Hasil China Open 2019: Minions Buat Indonesia Punya 1 Tiket Final

Oleh: Oryza Aditama - 20 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Duel Kevin/Marcus vs Fajar/Rian di semifinal China Open 2019 membuat Indonesia sudah pasti memiliki satu wakil di final.
tirto.id - Ganda putra unggulan pertama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melangkah ke semifinal China Open 2019, usai melewati hadangan wakil Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong di 8 besar. Pada fase selanjutnya Duo Minions telah ditunggu rekan mereka sendiri Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dibutuhkan waktu 34 menit bagi Marcus/Kevin untuk menumbangkan Gon/Tan di court-1 Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Cina pada Jumat malam (20/9/2019). Pasangan peringkat 1 dunia itu tampil prima untuk membukukan kemenangan straight game 21-15 dan 21-17.

Marcus/Kevin langsung tampil menekan sejak awal gim pertama. Mereka mampu unggul cepat 11-5 saat interval. Meski lawan tetap berusaha menipiskan ketertinggalan 19-14, duo Minions berhasil mengunci gim pertama dengan skor 21-15.

Set kedua berjalan lebih seru. Permainan Marcus/Kevin mulai mampu diimbangi oleh pasangan Malaysia. Bahkan pada paruh awal gim kedua, Minions nyaris selalu tertinggal dalam perolehan angka. Meski demikian mereka sanggup keluar dari tekanan untuk memimpin 11-10 saat jeda.

Torehan empat angka beruntun Marcus/Kevin menjelang akhir pertarungan membawa mereka memimpin 18-14. Tak lama kemudian laga berakhir dengan skor 21-17.

Di babak semifinal pada Sabtu besok (20/9), Marcus/Kevin telah ditunggu rekan mereka sendiri Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Secara rekor head to head Marcus/Kevin unggul 4-1 atas Fajar/Rian.

Pertemuan duo Minions melawan Fajar/Rian di semifinal sekaligus memastikan satu tiket final bagi kontingen Indonesia di kejuaraan berkategori Super 1000 ini.



Selain Marcus/Kevin dan Fajar/Rian, ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga berhasil menyegel satu tiket ke babak semifinal.

Di pertarungan 8 besar, pasangan peraih medali emas Kejuaraan Dunia 2019 tersebut mampu tampil solid untuk mengemas kemenangan dua set langsung atas wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Di babak semifinal Ahsan/Hendra telah ditunggu unggulan ke-2 milik tuan rumah, Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Ahsan/Hendra wajib memasang kewaspadaan tinggi terhadap calon lawan mereka besok, pasalnya dalam rekor head to head mereka tertinggal 4-8 dari Li/Liu.

Sementara pada laga penutup di court-2, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dipastikan gagal melangkah ke semifinal. Pasangan unggulan ke-5 tersebut tak mampu menandingi ketangguhan pasangan unggulan ke-2 asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Baca juga artikel terkait CHINA OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight