Hasil 8 Besar China Open 2019: Tontowi-Winny Kandas oleh Duet Cina

Oleh: Fitra Firdaus - 20 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil China Open 2019: Tontowi/Winny kalah dua gim langsung dari Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (Cina). Dengan demikian, habis sudah wakil Indonesia di nomor ganda campuran.
tirto.id - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow harus tumbang di babak perempat final China Open 2019. Menghadapi Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (Cina) pada Jumat (20/9/2019) di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, Cina, Owi/Winny kandas dua gim langsung 22-24 dan 17-21.

Belum pernah bertemu dengan pasangan Wang/Huang sebelumnya, Tontowi/Winny berbekal kemenangan atas Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia), unggulan kelima turnamen, di babak kedua (16 besar). Sebaliknya, Wang/Huang selama ini selalu menghadapi pasangan nonunggulan, dan selalu berhasil menang dua gim langsung pula.

Tontowi/Winny memulai gim pertama dengan cara buruk. Mereka sempat tertinggal 2-5 dari pasangan Cina. Namun, setelah itu, Owi dan Winny tancap gas. Momentum datang ketika mereka mampu mendapatkan enam angka beruntun untuk skor 10-6. Selisih lima angka dipertahankan hingga interval.

Situasi tampak bersahabat untuk ganda Indonesia hingga kedudukan 17-11. Namun, setelah Wang/Huang meraih lima angka beruntun, dan menipiskan jarak jadi satu angka, Owi dan Winny yang berbalik tertekan.

Ganda Indonesia yang sudah unggul 20-18, dan tinggal membutuhkan satu angka lagi untuk menyelesaikan gim pertama, dipaksa bermain deuce. Ketajaman lawan yang merupakan unggulan kedua turnamen, akhirnya membuat Tontowi/Winny menyerah dalam kedudukan 22-24.



Awal gim kedua, Tontowi/Winny yang merupakan peringkat ke-18 BWF, sempat tertinggal tiga kali. Namun, setelah mereka mendapatkan angka ketiga, keadaan berubah. Pasangan Indonesia bisa meraih empat poin tambahan lagi tanpa putus sehingga memimpin 7-3. Hanya saja, konsentrasi ganda Cina tidak tergoyahkan.

Wang/Huang mendesak Tontowi/Winny, bahkan ketika ganda Indonesia sudah meraih 10 poin dan menyisakan satu lagi untuk menutup interval. Hasilnya, ganda Cina yang berbalik unggul 10-11 sebelum jeda.

Harapan pasangan Indonesia sempat muncul ketika mereka bisa menyamakan kedudukan dalam posisi 14-14, 15-15, lalu 16-16. Akan tetapi, Wang/Huang yang tampil energik cepat pula mematahkan harapan mereka. Pengembalian Tontowi yang melebar membuat ganda Cina meraih game point. Ditambah kesalahan Winny, akhirnya Wang/Huang menang gim kedua dalam posisi 17-21.

Dengan menyingirkan Tontowi/Winny, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping melanjutkan rekor sempurna mereka tak pernah kehilangan gim, plus melaku ke semifinal. Di babak berikutnya, ganda peringkat kedua dunia tersebut bakal berjumpa dengan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Baca juga artikel terkait CHINA OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Ibnu Azis
DarkLight