Hasil Cagliari vs AS Roma: Tim Tamu Ditahan Imbang 9 Pemain

Oleh: Gilang Ramadhan - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 2-2 menjadi hasil Cagliari vs AS Roma dalam laga lanjutan pekan 15 Liga Italia Serie A 2018/2019 pada Minggu (9/12/2018).
tirto.id - Hasil pertandingan Cagliari vs AS Roma dalam lanjutan kompetisi Liga Italia Serie A 2018/2019 pekan ke-15 berkesudahan dengan skor akhir 2-2. Bertanding di Sardegna Arena, Sardinia pada Minggu (9/12/2018), Cagliari berhasil melakukan comeback dramatis dan memaksakan hasil imbang lawan AS Roma kendati harus bermain dengan 9 orang.

Tim tamu AS Roma sudah membuka keunggulan pada menit 14 melalui sepakan Bryan Cristante. Berawal dari kerja sama Alessandro Florenzi dan Justin Kluivert, bola jatuh di kaki Cristante dan langsung disambarnya dengan tendangan keras. Bola meluncur deras ke gawang dan tak mampu dibendung oleh kiper tuan rumah, Alessio Cragno.

Giallorossi menambah keunggulannya menjadi 2-0 pada menit 41 berkat Aleksandar Kolarov. Memanfaatkan situasi tendangan bebas, bek internasional Serbia itu melepaskan sepakan kaki kiri keras yang membentur pagar betis. Arah bola berbelok dan tidak dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Cagliari, Alessio Cragno.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-0 AS Roma atas tuan rumah Cagliari. AS Roma yang tampil tanpa beberapa pilar utamanya mampu tampil impresif dan dominan. Berbanding terbalik dengan pasukan Rolando Maran yang terlihat kurang percaya diri kendati tampil di kandang sendiri.



Memasuki babak kedua, serangan-serangan anak asuh Eusebio Di Francesco tak mengendur. Pada menit 53, Kostas Manolas memulai ancaman ke gawang tuan rumah. Bermula dari tendangan pojok yang diambil oleh Aleksandar Kolarov, bola jatuh di kaki Kostas Manolas yang berdiri di sisi kanan dalam kotak penalti yang kemudian melepaskan sepakan kaki kanan ke arah gawang. Namun, arah bola masih melenceng dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Tiga menit berselang, tuan rumah juga mendapatkan kans untuk memperkecil ketertinggalan. Bermula dari situasi tendangan sudut yang dieksekusi baik oleh Joao Pedro, Paolo Farago sukses menyambut datangnya bola dengan menanduknya ke arah gawang. Namun bola tandukannya masih melenceng dari sasaran.

Tuan rumah kembali gagal mencetak gol pada menit 61, setelah upaya Diego Farias dari luar kotak penalti masih dapat diselamatkan Robin Olsen dengan gemilang. Pada menit yang sama, melalui serangan balik cepat Nicolo Zaniolo sukses menerima operan Patrik Schick di sisi kanan dalam kotak penalti. Zaniolo kemudian melepaskan sepakan keras yang masih mampu ditepis Alessio Cragno dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pertandingan memasuki menit ke-68, tuan rumah memprotes keputusan wasit ketika Aleksandar Kolarov menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti sendiri. Wasit yang meninjau ulang lewat VAR memutuskan untuk tak menghadiahkan penalti kepada Cagliari.

Tuan rumah Cagliari berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit 84. Berawal dari situasi sepak pojok, Joao Pedro yang menjadi eksekutor mengirim umpan terukur ke area kotak penalti tim tamu. Artur Ionita sukses meneruskan bola dengan tandukan keras yang tak mampu dibendung oleh Robin Olsen. Gol ini membuat AS Roma tak pernah cleansheet dalam enam pertandingan terakhir.

Pada menit 90, dua pemain tuan rumah, Darijo Srna dan Paolo Farago menerima kartu merah. Namun, Marco Sau secara dramatis berhasil menyamakan kedudukan ketika laga dirasa akan berakhir, berkat kecerobohan Kostas Manolas dalam mengawal lini pertahanan. Dengan sangat baik, Sau berhasil menaklukkan Robin Olsen dan menjaga rekor kandang Cagliari yang belum terkalahkan pada musim ini. Hingga pertandingan usai skor imbang 2-2 tetap bertahan.

Susunan Pemain

Cagliari (4-3-1-2): Alessio Cragno; Darijo Srna, Luca Ceppitelli, Ragnar Klavan, Simone Padoin; Paolo Farago, Filip Bradaric, Artur Ionita; Joao Pedro; Diego Farias, Alberto Cerri

AS Roma (4-2-3-1): Robin Olsen; Alessandro Florenzi, Kostas Manolas, Federico Fazio, Aleksandar Kolarov; Bryan Cristante, Steven N'Zonzi; Cengiz Under, Nicolo Zaniolo, Justin Kluivert; Patrik Schick

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
Infografik Instagram