Hasil Brighton vs Liverpool di Liga Inggris: Berkat Penalti Salah

Oleh: Hendi Abdurahman - 12 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-1 menjadi hasil akhir laga Brighton vs Liverpool di pekan 22 Liga Inggris, Sabtu (12/1/2019).
tirto.id - Liverpool mengamankan tiga poin pada pertandingan Liga Inggris pekan 22 setelah menang atas Brighton 0-1, Sabtu (12/1/2019). Digelar di Stadion Falmer, gol tunggal Mohamed Salah dari tendangan penalti membuat The Reds untuk sementara kembali menjauh dari kejaran Manchester City yang berada di posisi kedua.

Dengan hasil ini, Liverpool tetap berada di puncak klasemen dengan perolehan poin 57 hasil dari 18 kali menang, tiga kali seri, dan sekali kalah. Sementara bagi Brighton, kekalahan ini membuat Glenn Murray dan kawan-kawan tetap tertahan di posisi 13 dengan total poin 26 dari 22 kali pertandingan.

Liverpool mendapatkan peluang pertamanya lewat Roberto Firmino saat laga baru berlangsung sepuluh menit. Namun, umpan yang dilancarkan Andy Robertson dari sisi kanan pertahanan Brighton tak mampu dijangkau oleh Firmino. Peluang itupun hanya menghasilkan tendangan gawang.

Strategi Chris Hughton dengan menumpuk lima pemain tengah cukup membuat The Reds kesulitan untuk menembus lini pertahanan tuan rumah. Sebaliknya, The Seagulls mampu tampil cukup apik dalam menggalang lini pertahanan. Kendati demikian, bola justru lebih banyak berada di area tengah yang didominasi oleh Jordan Henderson dan kolega.

Tak ada gol yang tercipta hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya paruh pertama. Skor 0-0.


Babak kedua baru berjalan empat menit, Liverpool akhirnya unggul melalui gol yang diciptakan Mohamed Salah lewat tendangan penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah menganggap pemain asal Mesir tersebut dijatuhkan oleh salah seorang pemain belakang Brighton di kotak terlarang. Meski mampu menebak arah bola, David Button gagal menahannya lantaran bola meluncur dengan keras. Skor 0-1.

Pada menit ke-75, Roberto Firmino yang memiliki ruang tembak di luar kotak penalti hampir saja menggandakan keunggulan The Reds andai sepakan kerasnya tak mampu dihadang kiper David Button. Bola rebound tak mampu dimanfaatkan pemain Liverpool lantaran berhasil diselamatkan oleh para pemain belakang Brighton.

Tuan rumah tak tinggal diam. Empat menit berselang, para penyerang Brighton mampu merepotkan lini pertahanan Liverpool. Namun, kemelut di depan gawang Alisson dengan mudah disapu oleh Van Dijk sehingga menjauh dari kotak penalti.

Sepuluh menit jelang berakhirnya laga, Georgino Wijnaldum mampu menghasilkan satu shots on target. Berawal dari umpan pendek Mohamed Salah, sepakan pemain berkebangsaan Belanda tersebut masih bisa ditepis dengan sempurna oleh David Button.

Di pengujung laga, tuan rumah menaikkan intensitas serangan. Sigapnya lini pertahanan Liverpool membuat tak ada gol bagi tuan rumah. Skor 0-1 pun menutup pertandingan sekaligus menjadi kemenangan kedelapanbelas Liverpool musim ini.

Susunan Pemain Brighton vs Liverpool

Brighton: David Button; Martin Montoya, Shane Duffy, Lewis Dunk, Gaetan Bong; Solly March, Pascal Gross, Dale Stephens, Davy Propper, Jurgen Locadia; Glenn Murray.

Cadangan: Bruno, Beram Kayal, Florin Andone, Anthony Knockaert, Leon Balogun, Jason Steele, Max Sanders.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, Sadio Mane; Mohamed Salah.

Cadangan: James Milner, Naby Keita, Alberto Moreno, Simon Mignolet, Divock Origi, Joel Matip, Rafael Camacho.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live