Liga Inggris

Hasil Brighton vs Liverpool: Tak Ada Gol di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 12 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 menjadi hasil babak pertama antara Brighton vs Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-22.
tirto.id - Pertandingan Liga Inggris pekan 22 antara Brighton vs Liverpool yang dihelat di Stadion Falmer, Sabtu (12/1/2019) berkesudahan dengan skor sementara 0-0 di babak pertama. Tempo permainan yang cenderung lambat membuat laga pada 45 menit pertama tak banyak dihiasi peluang.

Usai mendapati kekalahan pertamanya di Liga Inggris atas Manchester City pekan lalu, The Reds berambisi kembali ke jalur kemenangan. Dalam laga ini, pelatih Jurgen Klopp menurunkan formasi 4-2-3-1. Cederanya Dejan Lovren membuat Liverpool terpaksa menempatkan Fabinho sebagai duet Virgil Van Dijk di lini belakang. Sementara itu, tak ada perubahan berarti di lini tengah dan depan. Mohamed Salah tetap menjadi ujung tombak, ditopang oleh Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Xherdan Shaqiri.

Sedangkan dari tuan rumah, pelatih Chris Hughton menggunakan patron 4-5-1. Shane Duffy dan Lewis Dunk menjadi tembok untuk menggalang lini pertahanan. Sadar akan bahaya timnya andai kalah dalam pertarungan di lini tengah, pelatih berkebangsaan Irlandia itu menumpuk sejumlah pemain di antaranya Jurgen Locadia, Pascal Gross, dan Davy Propper. Untuk lini depan, The Seagulls tetap mengandalkan sosok Glenn Murray.

Liverpool sudah mengancam saat waktu baru menunjukkan sepuluh menit. Andy Robertson yang menyisir dari sisi kiri melepaskan crossing ke jantung pertahanan Brighton. Sayang, umpannya tak mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Roberto Firmino karena mendapat kawalan dari pemain belakang tuan rumah.

Setelahnya, tempo pertandingan cenderung lambat. Tak ada peluang berbahaya yang dihasilkan oleh kedua tim. Namun, Jordan Henderson dan kawan-kawan tetap mendominasi permainan hingga menit ke-25 dengan mengungguli penguasaan bola, 77% berbanding 23%.

Peluang cukup berbahaya baru tercipta dua menit kemudian yang lagi-lagi diawali dari sektor sayap Liverpool. Kali ini, Xherdan Shaqiri yang menjadi target dari crossing Alexander-Arnold tak mampu menanduk bola dengan paripurna. Peluang inipun hanya menghasilkan tendangan gawang. Skor tetap 0-0.

Tak ada peluang berarti di sisa waktu, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya paruh pertama skor tetap bertahan 0-0.

Susunan Pemain Brighton vs Liverpool

Brighton: David Button; Martin Montoya, Shane Duffy, Lewis Dunk, Gaetan Bong; Solly March, Pascal Gross, Dale Stephens, Davy Propper, Jurgen Locadia; Glenn Murray.

Cadangan: Bruno, Beram Kayal, Florin Andone, Anthony Knockaert, Leon Balogun, Jason Steele, Max Sanders.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, Sadio Mane; Mohamed Salah.

Cadangan: James Milner, Naby Keita, Alberto Moreno, Simon Mignolet, Divock Origi, Joel Matip, Rafael Camacho.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman