Hasil Barito Putera vs Persebaya di Liga 1 2018 Skor Akhir 3-2

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Blunder kiper Dimas Galih menjadi penentu hasil Barito Putera vs Persebaya di Liga 1 2018 yang ditutup dengan skor akhir 3-2.
tirto.id - Hasil Barito Putera vs Persebaya dalam lanjutan pekan ke-20 Liga 1 2018 berakhir dengan skor 3-2. Tuan rumah berhasil mengamankan tiga angka berkat gol Paulo Sitanggang, Rizky Pora, dan Samsul Arif. Sebaliknya, dua gol balasan Rishaldi Fauzi tidak cukup menghindarkan tim tamu dari kekalahan di Stadion 17 Mei Banjarmasin pada Minggu (12/8/2018).

Barito Putera akhirnya mengakhiri paceklik kemenangan mereka yang sempat merentang dalam lima pertandingan beruntun. Ketika berjumpa dengan Persebaya yang kehilanga banyak pilar, tim asuhan Jacksen F. Tiago mampu memanfaatkan buruknya kinerja lini belakang tim tamu.

Masalah Persebaya sudah terlihat pada babak pertama. Lini depan mereka tidak cukup ampuh untuk membobol gawang Barito Putera yang dikawal Aditya Harlan. Meskipun ada Rishaldi Fauzi yang unggul dalam duel-duel udara, tiga tandukannya masih belum berbuah gol.

Sebaliknya pada menit ke-33, Dimas Galih, kiper Persebaya melakukan blunder fatal. Menerima back pass dari pemain belakang, sang penjaga gawang justru tidak memantau pergerakan Paulo Sitanggang yang menerjang tepat ketika Dimas menendang bola. Akibatnya, bola bukannya melambung tinggi ke wilayah tengah, tetapi memantul masuk ke gawang Persebaya. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.



Awal babak kedua, Persebaya nyaris membalas. Tembakan Oktafianus Fernando pada menit ke-53 hanya mengenai tiang gawang. Kegagalan ini langsung mendapatkan hukuman. Lima menit berselang, bermula dari umpan jauh Douglas Packer dalam skema serangan balik, para bek Bajul Ijo terlalu naik. Rizky Pora mendapatkan bola, dan memanfaatkan posisi Dimas Galih yang terlalu maju, mudah saja ia mencetak gol kedua Barito Putera.

Persebaya menemukan momentum yang ditunggu mereka pada menit ke-71. Pergerakan Rendy Irwan mendekati kotak penalti dicegah oleh Nazar Nurzaidin. Namun, bola bergerak ke arah Rishaldi Fauzi yang akhirnya mampu mencetak gol untuk memperkecil kedudukan.

Persebaya yang mulai menemukan angin bermain lebih terbuka. Tiga menit berselang setelah gol balasan, Misbakus Solikin mengirim tembakan dari luar kotak penalti yang dihalau dengan gemilang oleh Aditya Harlan.



Namun, sekali lagi lini belakang Persebaya yang berantakan membuat Barito Putera mengamankan laga. Menit ke-78, Samsul Arif mendesak ke jantung pertahanan Bajul Ijo. Otavio Dutra berusaha mendesakkan bola kepada Dimas Galih.

Hanya saja, umpan itu terlalu cepat, sementara Samsul Arif menyergap dari depan. Dimas Galih kehilangan bola kembali, dan gawangnya terkoyak untuk ketiga kalinya. Skor menjadi 3-1.

Meskipun Rishaldi Fauzi berhasil memperkecil kedudukan kembali delapan menit jelang bubaran, Persebaya tidak dapat mengelak dari kekalahan. Skor akhir 3-2 untuk kemenangan tuan rumah.

Pencetak Gol: Paulo Sitanggang 33, Rizky Ripora 58, Samsul Arif 78 (Barito Putera) | Rishaldi Fauzi 58 dan 82 (Persebaya)

Susunan Pemain

Barito Putera (4-2-3-1): Aditya Harlan; Nazar Nurzaidin, M. Rifki, Dandi Maulana, Ronny Beroperay; Douglas Packer, Matias Cordoba (Ady Setiawan 78); Samsul Arif, Paulo Sitanggang (Jajang Sukmara 93), Rizky Ripora; Marcel Sacramento (Habel Ronal 86)

Persebaya (4-3-3): Dimas Galih (Miswar Saputra 82); Fandry Imbiri, Ruben Sanadi, Abu Rizal Maulana, OK John (Rendi Saputra 63); M. Solikin, Otavio Dutra, Robertino Pugliara; Ricky Kayame (Fandi Eko Utomo 37), Oktafianus Fernando, Rishaldi Fauzi

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus