Liga Champions

Hasil AS Roma vs Porto: Zaniolo Gemilang, Giallorossi Menang

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 2-1 menjadi hasil AS Roma vs Lazio dalam leg pertama laga 16 besar Liga Champions di Olimpico (13/2).
tirto.id - Hasil AS Roma vs Porto dalam leg pertama laga 16 besar Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor akhir 2-1. Bertanding pada Rabu (13/2/2019) dini hari waktu Indonesia di Stadion Olimpico, Roma, Giallorossi menang berkat penampilan gemilang Nicolo Zaniolo yang memborong dua gol. Sementara Porto membalas lewat Adrian Lopez.

Minimnya peluang yang tercipta di paruh pertama, memaksa kedua tim harus bermain imbang tanpa gol. AS Roma hanya membukukan 1 tendangan tepat ke gawang. Sementara Porto yang memiliki 54% penguasaan bola juga baru melepaskan 1 tembakan ke arah gawang.

Edin Dzeko sukses menerima bola terobosan dari Federico Fazio di sisi kiri dalam kotak penalti Porto pada menit 37. Sempat mengecoh satu pemain, sepakan Dzeko dari jarak dekat ke tiang dekat masih dapat dimentahkan Iker Cassilas yang kemudian membentur tiang gawang.

Tim tamu sendiri mendapat peluang pertama mereka pada menit 28. Berawal dari umpan Otavio, Santos berhasil menerima bola di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan langsung ke gawang. Namun bola yang mengarah ke sisi bawah tiang dekat masih mudah dibendung Antonio Mirante.



Memasuki babak kedua, tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang. Pada menit 50, Iker Casillas melakukan penyelamatan gemilang. Sepakan Nicolo Zaniolo dari dalam kotak penalti berhasil ditepis dengan baik oleh mantan pemain Real Madrid tersebut.

Pada menit 57, Porto memiliki kans bagus untuk mencetak gol. Berawal dari sepak pojok Alex Telles, Danilo Pereira berhasil menanduk bola dengan baik. Namun bola masih melenceng tipis ke sisi kiri dari gawang Antonio Mirante.

Pada menit 66, Lorenzo Pellegrini membuang peluang terbuka untuk mencetak gol. Menerima sodoran bola dari Bryan Cristante di dalam kotak penalti, sambaran dari Pellgrini masih mengarah tepat ke tengah gawang dan masih mudah diamankan oleh Iker Casillas.

Jelang empat menit, Nicolo Zaniolo berhasil membuka keunggulan bagi tuan rumah. Menerima umpan Edin Dzeko di dalam kotak penalti, dengan sekali kontrol, pemain muda 19 tahun itu sukses mengirim bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Iker Casillas. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan AS Roma.

Pada menit 76, Nicolo Zaniolo berhasil mencetak gol keduanya pada laga ini dan memberikan AS Roma keunggulan 2-0. Bola muntahan dari sepakan Edin Dzeko berhasil dimanfaatkan dengan mudah oleh pemain bernomor punggung 22 itu.

Namun Porto berhasil memperkecil ketertinggalannya tiga menit berselang. Umpan panjang Tiquinho Soares berhasil menembus pertahanan AS Roma dan disambut Adrian Lopez. Pemain yang baru masuk pada menit 68 itu berhasil menyarangkan bola dengan keras ke gawang Antonio Mirante.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan AS Roma bertahan. Tuan rumah berhasil mencatatkan 13 peluang berbanding dengan 4 peluang yang dimiliki Porto. Namun, tim tamu unggul dalam hal penguasaan bola dengan angka 55% berbanding 45%.

Susunan Pemain

AS Roma (4-3-3): Antonio Mirante; Alessandro Florenzi, Kostas Manolas, Fedrico Fazio, Aleksandar Kolarov; Lorenzo Pellegrini (Steven N'Zonzi 83), Daniele De Rossi, Bryan Cristante; Nicolo Zaniolo (Davide Santon 87'), Edin Dzeko, Stephan El Shaarawy (Justin Kluivert 90').

Porto (4-3-3): Iker Casillas; Eder Militao, Felipe, Pepe, Alex Telles; Hector Herrera, Danilo Pereira , Fernando Santos (Andre Pereira 76'); Otavio (Hernani 84'), Tiquinho Soares, Yacine Brahimi (Adrian Lopez 68').

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan