Liga Champions

Hasil AS Roma vs Porto, Minim Peluang di Babak Pertama

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 pada babak pertama menjadi hasil AS Roma vs Lazio dalam leg pertama laga 16 besar Liga Champions di Olimpico (13/2).
tirto.id - Hasil AS Roma vs Porto dalam leg pertama laga 16 besar Liga Champions 2018/2019 berkesudahan dengan skor 0-0 pada babak pertama. Bertanding pada Rabu (13/2/2019) dini hari waktu Indonesia di Stadion Olimpico, Roma, minimnya pelaung membuat laga berakhir dengan skor imbang tanpa gol pada babak pertama.

Dalam laga ini, pelatih Eusebio Di Francesco menurunkan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan trio lini depan, Nicolo Zaniolo, Edin Dzeko dan Stephan El Shaarawy. Nama Antonio Mirante juga menjadi sorotan lantaran menggeser Robin Olsen di posisi penjaga gawang. Selain itu, laga ini juga akan menggunakan teknologi VAR (Video Assistant Reefere).

Sementara di kubu lawan, kehilangan Vincent Aboubakar dan Jesus Corona membuat sang pelatih, Sergio Conceicao, menurunkan Soares, Yacine Brahimi dan Otavio sebagai trio lini depan. Di lini belakang, dua mantan pemain Real Madrid, Iker Casillas dan Pepe juga turun bersamaan sejak menit pertama.



Pertandingan dimulai, kedua kesebelasan langsung memperagakan permainan menyerang. Namun, lima menit laga berjalan kedua kesebelasan belum mampu menciptakan peluang yang berbahaya.

Peluang perdana didapat tuan rumah pada menit 11. Melalui serangan balik cepat, Edin Dzeko berhasil membawa bola hingga ke sisi kanan kotak penalti Porto sebelum melepaskan umpan kepada Nicolo Zaniolo di sisi sebaliknya. Kendati bola mampu disapu oleh Yacine Brahimi, bola hampir saja masuk ke gawang sendiri.

Tendangan tepat ke gawang perdana pada laga ini dilakukan Lorenzo Pellegrini pada menit 27. Menerima umpan pendek di depan kotak penalti dari Bryan Cristante, sepakan pemain bernomor punggung 7 itu masih lemah dan mudah diamankan oleh Iker Casillas.

Tim tamu juga sempat mencatatkan satu tembakan ke gawang melalui usaha Fernando Santos pada menit 28. Berawal dari Otavio, Santos berhasil menerima bola di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan langsung ke gawang. Namun bola yang mengarah ke sisi bawah tiang dekat masih mudah dibendung Antonio Mirante.

Pertandingan memasuki menit 37, Edin Dzeko sukses menerima bola terobosan dari Federico Fazio di sisi kiri dalam kotak penalti Porto. Sempat mengecoh satu pemain, sepakan Dzeko dari jarak dekat ke tiang dekat masih dapat dimentahkan Iker Cassilas yang kemudian membentur tiang gawang.

Minimnya peluang yang tercipta di babak pertama, memaksa kedua tim harus bermain imbang tanpa gol. AS Roma hanya membukukan 1 tendangan tepat ke gawang. Sementara Porto yang memiliki 54% penguasaan bola juga baru melepaskan 1 tembakan ke arah gawang.

Susunan Pemain

AS Roma (4-3-3): Antonio Mirante; Alessandro Florenzi, Kostas Manolas, Fedrico Fazio, Aleksandar Kolarov; Lorenzo Pellegrini, Daniele De Rossi, Bryan Cristante; Nicolo Zaniolo, Edin Dzeko, Stephan El Shaarawy.

Porto (4-3-3): Iker Casillas; Eder Militao, Felipe, Pepe, Alex Telles; Hector Herrera, Danilo Pereira , Fernando Santos; Otavio, Tiquinho Soares, Yacine Brahimi.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan