Liga Italia

Hasil AS Roma vs AC Milan, Piatek Bawa Unggul Rossoneri di Babak 1

Oleh: Gilang Ramadhan - 4 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor babak pertama 0-1 menjadi hasil AS Roma vs AC Milan dalam lanjutan Liga Italia 2018/2019 pada Senin (4/2/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan AS Roma vs AC Milan dalam laga lanjutan pekan ke-22 Liga Italia Serie A 2018/2019 berakhir dengan skor babak pertama 0-1. Bertanding di Stadion Olimpico pada Senin (4/2/2019) dini hari waktu Indonesia, Krzysztof Piatek berhasil membawa AC Milan ungggul pada babak pertama berkat golnya pada menit 26.

Dalam laga ini, pelatih Eusebio Di Francesco kembali menggunakan skema 4-2-3-1 dengan mengandalkan Edin Dzeko sebagai ujung tombak. Alessandro Florenzi dimajukan sebagai pemain sayap menemani Nicolo Zaniolo dan Patrik Schick. Selain itu, Daniele De Rossi juga kembali tampil mengganti posisi yang ditinggalkan Steven N'Zonzi.

Sementara di pihak sang tamu, Gennaro Gattuso selaku pelatih menurunkan formasi 4-3-3 dan memplot Krzysztof Piatek sebagai penyerang tunggal. Davide Calabria juga kembali bermain di posisi bek kanan. Selebihnya, tidak ada yang berubah dalam susunan pemain inti AC Milan sejak menghadapi Napoli pada Coppa Italia pekan lalu.



Pertandingan dimulai, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang pada menit-menit awal. Namun masih rapatnya pertahanan AC Milan membuat Edin Dzeko dan kolega belum dapat menciptakan ancaman yang berarti ke gawang tamunya.

Pada menit 16, Edin Dzeko hampir mencetak gol pembuka keunggulan. Menerima umpan terobosan dari Lorenzo Pellegrini di sisi kiri kotak penalti, penyerang asal Bosnia itu mampu mengecoh Alessio Romagnoli sebelum melepaskan sepakan keras ke arah gawang. Namun bola tendangan Dzeko masih dapat ditepis Gianluigi Donnarumma.

Pertandingan memasuki menit ke-26, tim tamu berhasil unggul terlebih dahulu. Lucas Paqueta berhasil mencuri bola dari Rick Karsdorp di sisi kanan pertahanan Roma dan kemudian mengirim umpan tarik ke kotak penalti. Bola mendatar di muka gawang sukses disambar Krzysztof Piatek menjadi gol pembuka.

Gialuigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang pada menit 36. Nicolo Zaniolo yang menerima umpan di sisi kiri dalam kotak penalti dari Federico Fazio, berhasil melepaskan sepakan mendatar ke tiang jauh. Sembari menjatuhkan diri, Donnarumma berhasil menepis bola sebelum disapu keluar oleh Alessio Romagnoli.

Berselang satu menit, Alessandro Florenzi turut melakukan percobaan mencetak gol. Menyambut umpan Patrik Schick di depan gawang, Florenzi melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Kendati mengarah ke gawang, namun Donnarumma berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Donnarumma melakukan dua penyelamatan gemilang pada menit 44. Florenzi berhasil mengirim bola ke dalam kotak penalti yang berhasil disambut dengan sundulan oleh Patrik Schick, namun masih mampu dimentahkan kiper muda Italia itu. Bola muntahan kemudian sukses disambar Edin Dzeko, namun kiper bernomor punggung 99 itu dengan sigap memblok usaha Dzeko.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan AC Milan bertahan. AC Milan hanya melakukan 2 percobaan ke gawang yang salah satunya berbuah menjadi gol. Sementara AS Roma 5 tendangan on target dari 51% penguasaan bola.

Susunan Pemain

AS ROMA (4-2-3-1): Robin Olsen; Rick Karsdorp, Kostas Manolas, Federico Fazio, Aleksandar Kolarov; Daniele De Rossi, Lorenzo Pellegrini, Patrik Schick, Nicolo Zaniolo, Alessandro Florenzi; Edin Dzeko.

AC MILAN (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Lucas Paqueta; Suso Fernandez, Krzysztof Piatek, Hakan Calhanoglu.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan