Hasil Akhir Timnas Indonesia U22 vs Myanmar Skor 3-1

Oleh: Agung DH - 29 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia meraih medali perunggu usai mengalahkan Myanmar 3-1 di cabang sepakbola SEA Games 2017.
tirto.id - Timnas Indonesia U22 akhirnya merebut medali perunggu dalam cabang sepakbola putera SEA Games 2017 setelah menang dengan skor akhir 3-1 melawan Myanmar, di Stadion Selayang Selangor, Selasa (29/8/2017). Medali perunggu pertama Indonesia di ajang SEA Games sejak lepas dari hukuman FIFA.

Timnas sempat tertinggal 0-1 dari Myanmar di babak pertama. Myanmar yang terus menyerang Indonesia membuat gol kejutan di menit ke-21 melalui Than Paing.

Penjaga gawang Indonesia, Satria Tama menjadi pahlawan di babak pertama dengan lebih dari dua kali penyelamatan gemilang.

Pada babak kedua, pelatih Luis Milla menarik keluar Marinus Wanewar dan memasukkan Ezra Walian. Pergantian ini dilakukan guna menambah daya gedor lini depan Garuda Muda di paruh kedua.

Ironisnya, gawang Indonesia justru nyaris kebobolan lagi pada menit ke-52. Aksi menusuk Than Paing dilanjutkan dengan sebuah umpan ke mulut gawang. Bola hasil umpan Than kemudian disambut tendangan pelan Aung Thu. Beruntung bagi Indonesia karena Satria Tama tampil gemilang dan dapat menggagalkan peluang tersebut.

Satu menit kemudian, Garuda Muda akhirnya menyamakan kedudukan. Umpan Febri Haryadi dari sayap kiri gagal dihalau dengan maksimal oleh bek Myanmar. Bola kemudian jatuh ke kaki Evan Dimas dan ditendang ke arah gawang. Sempat membentur bek Myanmar, bola hasil tendangan Evan berbelok dan masuk ke gawang Myanmar. Skor 1-1.

Seolah belum puas, Septian David Maulana sukses membalikkan kedudukan di menit ke-58. Usai menerima umpan dari sayap kiri, Septian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau penjaga gawang Myanmar. Skor 2-1 untuk Indonesia.

Indonesia sukses menambah keunggulan pada menit ke-77. Memanfaatkan bola muntah, Rezaldi Hehanusa yang berdiri membelakangi gawang sukses menerima bola dan memutar badan. Bek kanan asal Persija Jakarta itu kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola menghujam deras ke sudut kanan atas gawang Myanmar dan berbuah gol. Skor 3-1 untuk Indonesia.

Empat menit kemudian, Septian David nyaris mencetak gol keduanya. Namun eksekusi tendangan bebasnya masih dapat ditepis penjaga gawang Myanmar.

Hingga akhir pertandingan tak ada gol tambahan tercipta. Skor 3-1 menjadi hasil akhir laga Indonesia vs Myanmar.

Baca juga artikel terkait INDONESIA VS MYANMAR atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight