Hari Perempuan Internasional: Barbie Rilis Boneka Figur Frida Kahlo

Oleh: Yuliana Ratnasari - 8 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Boneka Barbie dengan figur tokoh perempuan ini bagian dari seri Mattel terbaru tentang wanita inspiratif untuk merayakan Hari Perempuan Internasional 2018.
tirto.id - Menyambut perayaan Hari Perempuan Internasional 2018, Barbie mengeluarkan seri boneka yang memiliki kemiripan dengan Frida Kahlo, Amelia Earhart, dan Katherine Johnson.

Ketiga sosok itu dianggap inspiratif karena menciptakan pembaruan di berbagai industri yang digeluti. Earhart adalah penerbang wanita pertama yang terbang melintasi Samudra Atlantik. Artis Meksiko Kahlo dikenal berkat gaya melukis dan aktivisme feminisnya yang unik.

Sementara itu, Johnson memecahkan batas-batas untuk wanita kulit hitam dalam bidang matematika. Ia menghitung lusinan lintasan untuk NASA, termasuk penerbangan Apollo 11 ke bulan pada 1969.

Boneka-boneka ini, bagian dari seri Mattel terbaru yang disebut “Inspiring Women," akan diproduksi massal dan dijual di toko-toko. Namun, perusahaan mainan tersebut tidak memiliki tanggal pasti kapan mereka akan menjualnya.

"Sebagai merek yang mengilhami potensi tak terbatas pada anak perempuan, Barbie akan mengapresiasi sejumlah model yang paling banyak dijadikan panutan sepanjang waktu, menyambut Hari Perempuan Internasional. Kami tahu bahwa Anda tidak dapat menjadi sosok yang tidak dapat Anda anut," kata wakil presiden senior dan manajer umum Barbie, Lisa McKnight, Selasa (7/3/2018) dalam siaran persnya.

"Gadis-gadis selalu bisa memainkan peran dan karier berbeda dengan Barbie. Kami sangat gembira dapat menyinari model peran nyata untuk mengingatkan mereka bahwa mereka bisa menjadi apa saja," katanya seperti dilansir Huffpost.

Katherine Johnson, yang kini berusia 99 tahun, bekerja sama dengan Mattel untuk menciptakan bonekanya dan memastikannya terlihat seperti dia.


Barbie seri "Shero" ini juga menghormati 14 figur lainnya yang jadi idola dari seluruh dunia. Boneka-boneka tersebut yang dikeluarkan untuk menghormati wanita-wanita yang berani mendobrak batasan ini tidak dimaksudkan untuk dijual, tapi ada beberapa tokoh populer telah ada di toko-toko sebelumnya.

Beberapa figur wanita baru Barbie dalam jajaran 14 Shero ini termasuk
snowboarder Olimpiade Chloe Kim, sutradara"Wonder Woman" Patty Jenkins, dan ahli konservasi satwa liar Australia Bindi Irwin.

Bersama dengan Barbie Kim dan Jenkins, seperti dikutip Time, ada pula boneka pemain sepakbola Sara Gama, balerina Yuan Tan, dan petinju Nicola Adams.

Beberapa sosok baru ini bergabung dengan figur sebelumnya seperti sutradara Ava DuVernay, aktris Emmy Rossum, balerina Misty Copeland, dan pesenam Olimpiade Gabby Douglas.


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight