Google Ajak 12 Seniman Rayakan Hari Perempuan Internasional 2018

Oleh: Yulaika Ramadhani - 8 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Google Doodle menampilkan karya seni rupa 12 seniman perempuan dari 12 negara berbeda
tirto.id - Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD), yang diperingati setiap 8 Maret, menjadi tema Google Doodle pada hari ini, Kamis (8/3/2018).

Untuk merayakan Hari Perempuan Internasional 2018, Google Doodle menampilkan karya seni rupa 12 seniman perempuan dari 12 negara berbeda. Karya-karya itu menampilkan refleksi 12 seniman itu sebagai perempuan.

"Kami mengundang pendongeng dari seluruh dunia untuk bergabung dengan kami dengan memasang cerita pribadi mereka sendiri tentang momen, orang, atau peristiwa yang telah mempengaruhi kehidupan mereka sebagai wanita," kata pihak Google dilansir dari People.

Tahun ini, Google berkolaborasi dengan Tunalaya Dunn, Kaveri Gopalakrishnan, Anna Haifisch, Isuri, Saffa Khan, Laerte, Estelí Meza, Karabo Poppy Moletsane, Philippa Rice, Francesca Sanna, Chihiro Takeuchi dan Tillie Walden untuk menandai Hari Perempuan Internasional 2018.

Google Doodle, yang dapat dilihat di seluruh dunia, adalah fitur interaktif di beranda situs. Khusus hari ini, Google Doodle menampilkan cerita dari perempuan sehari-hari, termasuk 12 seniman perempuan dari berbagai latar belakang untuk merayakan prestasi sosial, ekonomi, politik perempuan, dan kesetaraan gender. Pesan inspiratif mereka telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 80 bahasa.

Berikut daftar lengkap seniman perempuan yang terlibat dalam proyek Google Doodle hari ini:

1. Anna Haifisch – “Nov 1989”

2. Chihiro Takeuchi – “Ages and Stages”

3. Estelí Meza – “My Aunt Blossoms”

4. Francesca Sanna – “The Box”

5. Isuri – “Aarthi the Amazing”

6. Karabo Poppy Moletsane – “Ntsoaki’s Victory”

7. Kaveri Gopalakrishnan – “Up on the Roof”

8. Laerte – “Love”

9. Philippa Rice – “Trust”

10. Saffa Khan – “Homeland”

11. Tillie Walden – “Minutes”

12. Tunalaya Dunn – “Inwards”

Hari Perempuan Internasional didirikan lebih dari seabad yang lalu setelah lebih dari 15.000 wanita berbaris di New York City untuk menuntut kondisi kerja dan hak suara yang lebih baik.

Google bukan satu-satunya merek yang mengumumkan inisiatif dalam perayaan Hari Perempuan Internasional. Kita juga dapat berkontribusi pada Hari Perempuan Internasional karena Google mendorong perempuan dari segala penjuru untuk berbagi cerita mereka sendiri menggunakan tagar #HerStoryOurStory.

Berdasar laporan dari Bussines Inside, McDonald's membalik lengkungan emas ikonnya dari "M" menjadi "W" dalam perayaan hari perempuan. McDonald's juga menyatakan akan mengubah logo-nya secara terbalik di semua saluran digitalnya, seperti Twitter dan Instagram, pada hari Kamis (8/3/2018).

Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight