Menuju konten utama

Hari Pelanggan Nasional, BNI Perkuat Komitmen Hijau dan Inklusif

BNI memperingati Hari Pelanggan Nasional 2025 dengan menggelar sejumlah program hijau dan inklusif untuk pelaku UMKM hingga nasabah.

Hari Pelanggan Nasional, BNI Perkuat Komitmen Hijau dan Inklusif
BNI Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2025. FOTO/dok. Bank BNI

tirto.id - Mengusung tema "Setia Menemani Setiap Langkahmu, Mewujudkan Masa Depan yang Hijau dan Inklusif," PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI merayakan Hari Pelanggan Nasional 2025 dengan menghadirkan serangkaian program. Inisiatif ini bertujuan mempererat hubungan dengan nasabah serta memperkuat praktik bisnis berkelanjutan.

Komisaris Utama BNI, Omar Sjawaldy Anwar menyampaikan bahwa tema itu mencerminkan peran BNI dalam mendampingi perjalanan hidup masyarakat.

"Tema tersebut mencerminkan komitmen BNI untuk tidak hanya hadir sebagai penyedia layanan keuangan, tetapi juga sebagai mitra yang peduli pada keberlanjutan, keberagaman, dan masa depan bersama. Mari terus melangkah bersama, mewujudkan masa depan yang lebih baik," kata Omar dalam keterangan tertulis.

Direktur Utama BNI, Putrama Wahju Setyawan, menambahkan bahwa momen ini tak hanya menjadi sarana untuk kontribusi nyata bank dalam menghadapi tantangan masyarakat, tapi juga menunjukkan perannya sebagai mitra sekaligus penyedia layanan keuangan.

"Kami ingin Hari Pelanggan Nasional ini bukan hanya sekadar perayaan, melainkan wujud nyata kepedulian BNI. Melalui berbagai inisiatif, kami berupaya membantu nasabah mengembangkan usaha, meningkatkan kualitas hidup, serta mendorong terciptanya lingkungan yang lebih hijau dan inklusif," ujar Putrama.

Salah satu langkah adalah penguatan program BUMI (BNI UMKM Ramah Lingkungan). Melalui program ini, UMKM mendapat insentif, pelatihan, business matching, hingga sertifikasi lingkungan. Program ini tidak hanya untuk membantu UMKM naik kelas tetapi juga membekali pelaku usaha dengan prinsip bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan.

BNI juga menerapkan operasional internal yang berorientasi pada kelestarian lingkungan. Di antaranya melalui pengelolaan limbah dengan prinsip zero waste to landfill, efisiensi energi di seluruh kantor cabang, dan menumbuhkan budaya green lifestyle di kalangan pegawai.

Sebagai wujud penghargaan kepada nasabah, manajemen dan karyawan BNI di seluruh Indonesia menyapa langsung para nasabah di banking hall. Pada kesempatan tersebut, BNI membagikan souvenir ramah lingkungan berupa tumbler dan tote bag sebagai simbol apresiasi sekaligus ajakan untuk mengurangi plastik sekali pakai.

Melalui rangkaian program ini, BNI menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan, memperluas akses keuangan inklusif, dan mengedepankan tanggung jawab secara sosial maupun lingkungan. Langkah ini selaras dengan visi BNI menjadi bank nasional unggul yang berdaya saing global.

(INFO KINI)

Penulis: Tim Media Servis