Hari Olahraga Nasional 2021 Sejarah, Tema, Logo Haornas 9 September

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 8 Sep 2021 08:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sejarah Hari Olahraga Nasional 2021, tema, logo Haornas 9 September.
tirto.id - Hari Olahraga Nasional diperingati pada 9 September 2021. Tahun ini, Tema Haornas 2021 adalah "Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju".

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, desain besar olahraga nasional (DBON) akan diluncurkan saat peringatan Haornas 9 September 2021. Rencananya, DBON ini akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Untuk desain besar olahraga nasional atau DBON ini akan diluncurkan Bapak Presiden Joko Widodo pada saat peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas ke-38 nanti,” kata Amali, seperti dikutip laman Kemenpora.

Desain besar olahaga nasional ini juga akan menyeluruh untuk urusan hulu sampai hilir. Semua hal akan dipersiapkan mulai dari target, sasaran, hingga saran dan prasarananya. Menpora ingin, prestasi olahraga yang didapat tidak lagi by accident, melainkan membuat pabrik prestasi dengan merancang.

Paradigma Indonesia dalam DBON ini juga sudah jauh menatap ke depan, bukan hanya mengejar prestasi pada level SEA Games maupun Asian Games. Tetapi sudah berorientasi pada Olimpiade maupun Paralimpiade. Dengan begitu, ajang-ajang regional hanya menjadi sasaran antara.

Dalam DBON, juga ditegaskan terdapat 14 cabang olahraga prioritas yang ditargetkan untuk bisa meraih medali di level Olimpiade ataupun Paralimpiade. Kerangka pembinaannya pun mengacu pada DBON. Menpora Amali memastikan bahwa DBON ini menjadi fondasi olahraga Indonesia.

“Yang akan kami tempatkan di satu training camp nanti di Cibubur, dengan menerapkan sistem degradasi. Bagi cabor-cabor unggulan tapi tidak bisa berprestasi, maka kita akan degradasi. Semisal akan kita ganti dengan cabor lain," kata Menpora Amali beberapa waktu lalu.


Sejarah Hari Olahraga Nasional 2021


Haornas 2021 diperingati untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air. Peringatan Haornas bermula dari penyelanggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9-12 September 1948 di Solo, Jawa Tengah.

Tanggal 9 September 1948 menjadi pembukaan ajang olahraga tersebut dan ditetapkan pula untuk setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.

PON I digelar karena pada tahun 1948 atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di London, Inggris. Hal ini disebabkan pada saat itu kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diakui oleh dunia serta paspor Indonesia pun juga tidak diakui oleh Pemerintah Inggris.

Kala itu, atlet Indonesia diizinkan mengikuti Haornas jika menggunakan paspor Belanda. Namun, mereka tetap tidak ingin menggunakan paspor Belanda dan ingin membela negara atas nama Indonesia.

Penolakan tersebut membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional.

Infografik SC Hari Olahraga Nasional 2021
Infografik SC Hari Olahraga Nasional 2021. tirto.id/Fuad


Hal ini sebagai bukti untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa pada saat itu bangsa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga dengan skala nasional.

PON I disambut antusias oleh para atlet Indonesia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya para atlet Indonesia sebanyak 600 atlet yang mengikuti kompetisi tersebut, dengan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 medali.

Dengan diadakan PON I pada tanggal 9-12 September 1948 sebagai tanggal peringatan Hari Olahraga Nasional oleh masyarakat Indonesia.

Selama penyelenggaraannya hingga saat ini, PON telah diselegarakan sebanyak 19 kali. Namun, pada 1965 kompetisi olahraga tersebut gagal diselengarakan karena terjadinya peristiwa G30S. Jadi bisa dikatakan jika PON baru diselenggarakan sebanyak 18 kali.


Logo Hari Olahraga Nasional 2021


Kemenpora telah membagikan desan logo dan tema Haornas 2021 melalui situs web Kemenpora, dengan tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

1. Logo Haornas 2021 (format JPG) (Download file)

2. Logo Haornas 2021 (format PNG) (Download file)

3. Twibbonn Haornas 2021 (Download file)

Baca juga artikel terkait HARI OLAHRAGA NASIONAL 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight