Hari Bumi 2021: Google Doodle Hari Ini Earth Day Soal Tanam Pohon

Oleh: Dhita Koesno - 22 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hari Bumi atau Earth Day 2021 jadi Google Doodle hari ini dan tema tahun ini: "Restore Our Earth"
tirto.id - Dalam rangka peringatan Hari Bumi atau Earth Day 2021, Google doodle hari ini menayangkan soal video cara menanam pohon.

Google Doodle menyoroti tentang bagaimana setiap orang dapat menanam satu benih pohon muda untuk menuju masa depan yang lebih cerah.

Dengan menanam pohon, maka tujuan utamanya ini akan bisa dinikmati oleh generasi mendatang secara terus menerus.

Planet Bumi yang saat ini dihuni seluruh manusia dan disebut sebagai rumah terus memelihara kehidupan dan menginspirasi keajaiban bagi setiap orang.

Lingkungan telah bekerja keras untuk menopang umat manusia, yang setidaknya juga menuntut kita untuk membalas budi.

Video Doodle hari ini menunjukkan berbagai pohon yang ditanam dalam habitat alami, salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga Bumi tetap sehat untuk generasi mendatang.

Saat peringatan Hari Bumi 2021 ini, Google juga mendorong semua orang setiap harinya untuk menemukan satu tindakan kecil yang dapat dilakukan untuk memulihkan Bumi ini.

Jika tercapai, maka akan berakar dan berkembang menjadi sesuatu yang indah. Membuat bumi ini selalu hijau dan tidak gersang. Setiap orang juga bisa menghirup udara bersih.

Tema Hari Bumi 2021


Earth Day atau Hari Bumi 2021 yang jatuh bertepatan pada hari ini, Kamis, 22 April 2021 mengangkat tema "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita.

Hari Bumi merupakan acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan.

Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.

Hari Bumi pertama kali diinisiasi dan dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat sekaligus seorang pengajar lingkungan hidup bernama Gaylord Nelson pada tahun 1970.

Pemilihan tanggal ini karena bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

Saat ini, Hari Bumi secara luas diakui sebagai peringatan sekuler terbesar di dunia, yang ditandai oleh lebih dari satu miliar orang setiap tahun sebagai hari aksi untuk mengubah perilaku manusia dan menciptakan perubahan kebijakan global, nasional dan lokal.

Perjuangan untuk lingkungan yang bersih terus berlanjut dengan urgensi yang semakin meningkat, karena kerusakan akibat perubahan iklim menjadi semakin nyata setiap hari.

Sekarang, Hari Bumi telah diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi.



Baca juga artikel terkait HARI BUMI 2021 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight