Hari Anak Sedunia 2020 & 5 Rekomendasi Filmnya: Ada Toy Story 4

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 18 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Rekomendasi film anak di Hari Anak Sedunia 2020: dari Toy Story 4 hingga Coco.
tirto.id - Ada berbagai macam film yang dapat ditonton oleh anak-anak dengan berbagai macam jenis penceritaan.

Dari drama musik, dongeng putri, hewan animasi, hingga petualangan pahlawan super menjadi pilihan film yang patut ditonton si kecil saat waktu luangnya. Pasalnya, film pun dapat menjadi media pembelajaran yang baik untuk anak.

“Kita dapat belajar banyak sekali tentang momen-momen tertentu dalam waktu atau persepsi tertentu,” ujar Adrian Danks, Dekan di School of Media and Communication di RMIT University dikutip dari ABC News.

Dengan kata lain, film pun dapat membuat anak memahami dunia baru dan membentuk cara memahami dunia.

Beberapa film yang dapat ditonton oleh si kecil adalah sebagai berikut dilansir dari Rotten Tomatoes dan Common Sense Media:

1. Toy Story 4 (2019)

Petualangan boneka hidup Woody (Tom Hanks), Buzz Lightyear (Tim Allen), dan teman-temannya masih berlanjut di Toy Story 4.

Film berdurasi 1 jam 40 menit tersebut disutradarai oleh Josh Cooley, mengisahkan Woody yang bertemu dengan Forky yang merupakan mainan baru milik Bonnie.

Forky merasa minder di antara teman-teman mainannya yang lain. Hal ini membuat dia memutuskan untuk melarikan diri. Di sinilah awal mula petualangan Woody dan kawan-kawan mainan lainnya.

Selain Tom Hanks dan Tim Allen, pengisi suara dalam film animasi Pixar ini antara lain Annie Potts, Tony Hale, Keegan-Michael Key, dan Joan Cusack.

Toy Story 4 rilis di Indonesia pada 21 Juni 2019 lalu dan berhasil memperoleh pendapatan kotor setidaknya 1.073 dolar AS dikutip dari Box Office Mojo. IMDb memberikan penilaian 7,8 dari 10 kepada film ini.

2. Finding Nemo (2003)

Film ini mengisahkan pengorbanan ikan badut bernama Marlin yang mencari anaknya, Nemo.

Nemo terjebak dalam jaring nelayan saat ia mencoba membuktikan bahwa ia bisa menjaga dirinya sendiri. Akibatnya, ia diangkat ke darat dan ditempatkan di sebuah akuarium.

Finding Nemo dirilis pada 30 Mei 2003 oleh Walt Disney Pictures. Film ini diarahkan oleh sutradara Andrew Stanton berdasarkan cerita yang dikembangkan olehnya, Bob Peterson, dan David Reynolds.

Berdurasi 104 menit, Finding Nemo berhasil mendapatkan pendapatan kotor setidaknya 864,7 juta AS dari seluruh penayangan di dunia. IMDb, memberi skor film ini 8,1 dari 10.

3. Inside Out (2015)

Inside Out merupakan film animasi 3D Amerika Serikat yang mengisahkan soal anak perempuan bernama Riley Andersen dan lima manifestasi emosi dalam pikirannya yaitu Joy (riang), Sadness (kesedihan), Fear (ketakutan), Anger (marah), dan Disgust (jijik).

Kelima emosi tersebut lah yang mengatur keadaan Riley dalam bertindak dan menjadikannya sebagai sebuah kenangan.

Film ini secara perdana ditayangkan di Festival Film Cannes pada 18 Mei 2015 lalu, dan dirilis di Amerika Serikat pada 19 Juni 2015.

Pete Docter menyutradarai film ini berdasarkan pada naskah yang ditulis olehnya bersama dengan Meg LeFauve dan Josh Cooley. Para pemeran yang bergabung di antaranya Amy Poehler, Phyllis Smith, Bill Hader, Lewis Black, dan Mindy Kaling.

Inside Out berdurasi 1 jam 34 menit, dan mendapatkan penilaian sebesar 8,1/10 dari situs IMDb.

4. Coco (2017)

Miguel merupakan seorang anak yang periang dan sangat mencintai musik. Sayangnya, keluarganya tidak dapat mendukung cita-citanya sebagai musisi karena trauma akan musik.

Bahkan, keluarga Miguel secara terang-terangan membenci musik akibat kakek Miguel yang pergi dari rumah dan tidak pernah kembali usai menjadi musisi.

Di sisi lain, kecintaan Miguel terhadap musik tidak terbendung. Ia bermain musik secara sembunyi-sembunyi dan meniru idolanya yang telah meninggal bernama Ernesto de la Cruz. Akhirnya, keluarganya tahu dan marah besar.

Miguel kabur menuju pemakaman Cruz dan mengambil gitar idolanya tersebut. Ternyata, pencurian gitar ini membawanya ke dimensi lain dan berkemungkinan bertemu dengan arwah Cruz secara langsung.

Coco diproduksi oleh studio animasi Pixar, dan dirilis pada 22 November 2017 lalu oleh Walt Disney Pictures. Lee Unkrich berhasil mengarahkan film ini sehingga mendapatkan rating tinggi salah satunya dari IMDb sejumlah 8,4 dari 10.

Tak hanya itu, film dengan durasi 1 jam 45 menit dan berlatar Meksiko ini pun berhasil memenangkan piala Oscar dalam nominasi film Animasi Terbaik 2018.

5. Ratatouille (2007)

Seekor tikus berhasil membuat seorang laki-laki bernama Linguini menjadi juru masak terkenal di sebuah restoran di Paris. Tikus tersebut bernama Remy, yang sejak awal berkeinginan untuk menjadi seorang juru masak Perancis yang luar biasa.

Namun, hal tersebut tentu mustahil sebab dirinya adalah seorang tikus.

Ratatouille merupakan hasil karya sutradara Brad Bird dan Jan Pinkava. Film ini dirilis dengan durasi 111 menit, dan didistribusikan oleh Walt Disney Pictures.

Dikutip Box Office Mojo, film ini berhasil memperoleh pendapatan kotor setidaknya 623,4 juta dolar AS dari seluruh dunia. Pemain yang turut berperan adalah Patton Oswalt, Lou Romano, Peter Sohn, Brad Garret, dan Janeane Garofalo.

IMDb memberikan penilaian sebesar 8,0 dari 10 untuk film yang berlatar belakang di Paris ini.


Baca juga artikel terkait HARI ANAK SEDUNIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Dhita Koesno
DarkLight