Harga, Spesifikasi, dan Perbedaan Google Pixel 3 dengan Pixel 3 XL

Oleh: Ibnu Azis - 10 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pixel 3 dan Pixel 3 XL memiliki spesifikasi identik kecuali pada layar, ukuran, baterai, serta harga.
tirto.id - Google secara resmi memperkenalkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL dalam sebuah acara peluncuran di New York, Amerika Serikat, Rabu (10/10/2018). Pixel 3 dan Pixel 3 XL memiliki spesifikasi identik namun berbeda pada komponen layar dan baterai, ukuran, serta harga.

"Hari ini kami memperkenalkan Pixel 3 dan Pixel 3XL, smartphone terbaru dari Google. Pixel menawarkan pengalaman Google terbaik dalam sebuah ponsel," tulis Mario Queiroz selaku GM & VP Pixel dalam laman resmi Google.

Pixel 3 mengusung layar 5,5 inci FHD+ rasio 18:9 dengan 443 ppi, sedangkan 6,3 inci QHD+ rasio 18,5:9 plus notch dengan 523 ppi di Pixel 3. Kedua perangkat sama-sama mengadopsi layar fullscreen bertipe OLED dan dilapisi perlindungan Corning Gorilla Glass generasi kelima.

Di sektor fotografi, kamera belakang kedua perangkat belum mengadopsi tren lensa utama ganda dan hanya menyematkan 12MP dual-pixel. Google justru membekali dua kamera untuk lensa selfie, masing-masing 8MP. Google menambahkan software kecerdasan buatan (AI) di kamera Pixel 3 dan Pixel 3 XL.

Ditanamkan sejumlah fitur berkat implementasi teknologi tersebut. Misalnya Top Shot untuk memilih hasil foto terbaik dari beberapa bidikan atau Night Shot yang memungkinkan mengambil foto sempurna kendati dalam cahaya minim

Berikutnya, Group Selfie memberikan ruang lebih hingga 184 persen untuk selfie grup. Hadir pula Photobooth yang memudahkan pengguna mengambil foto otomatis saat mereka tersenyum.

Pixel 3 dan Pixel 3 XL bertenaga chipset Snapdragron 845 berkonsep octa-core 2,5GHz + 1,6GHz dengan kartu grafis Adreno 630. Dapur pacu ini dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB.

Sementara pada baterai, Pixel 3 hanya dibekali 2.915 mAh sedangkan Pixel 3 XL membawa kapasitas lebih besar yakni 3.430 mAh, yang menggunakan daya 18w/2A via USB Type-C. Hadir pula pengisian daya tanpa kabel yang dijual secara terpisah.

Saat diperkenalkan, Pixel 3 dan Pixel 3 XL sudah berjalan pada sistem operasi Android terbaru, 9 Pie. Hadir dalam tiga varian warna, Clearly White, Just Black, dan Not Pink, Pixel 3 ditawarkan mulai 799 dollar AS (Rp12,1 juta) untuk 64GB, sedangkan 899 dollar AS (Rp13,6 juta) untuk Pixel 3 XL varian 64 GB.

Kedua perangkat juga memiliki varian 128GB yang bisa didapatkan dengan menambahkan 100 dolar AS (Rp1,4 juta).

Rencananya, Pixel 3 dan Pixel 3 XL dipasarkan mulai 18 Oktober mendatang, yang tersedia di Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Jepang, India, Irlandia, Italia Singapura, Spanyol, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat.


Baca juga artikel terkait GOOGLE PIXEL atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis