Harga OPPO F9 Bekas November 2020 Mulai Rp1,5 juta, Layak Dibeli?

Oleh: Ibnu Azis - 19 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
OPPO F9 bekas di OLX dibanderol dengan harga mulai Rp1,5 juta per bulan November 2020.
tirto.id - OPPO F9 adalah smartphone kamera populer pada masanya yang pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2018. Pantauan Tirto di OLX, Kamis (19/11/2020), harga OPPO F9 bekas kini mulai Rp1,5 juta. Apakah ponsel ini masih layak dibeli di 2020?

Saat diumumkan 2 tahun lalu, OPPO F9 dibanderol dengan harga Rp4 jutaan. Kini ponsel mid-range premium itu sudah tak diproduksi lagi lantaran OPPO telah melebur seri F dan seri R menjadi Reno. Kini ponsel OPPO hanya punya seri A, Reno, dan Find.

Kendati telah berumur lebih dari 2 tahun, OPPO F9 masih menawarkan performa dan fitur bersaing di kelasnya. Desain ponsel ini juga cukup cantik dengan finishing glossy bertekstur berlian pada casing belakangnya.

Spesifikasi OPPO F9 pun pada masanya cukup bersaing berkat dukungan layar sentuh berdesain waterdrop screen dalam panel berukuran 6,3 inci FHD+ tipe IPS, yang menawarkan rasio screen-to-body hingga 84 persen. Layarnya juga sudah dilindungi anti-gores Corning Gorilla Glass 6.

Soal software, OPPO F9 menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2 kaya fitur. Belum diketahui apakah OPPO F9 menerima pembaruan ke ColorOS 11 yang sudah berbasis Android 11 terbaru.


Amunisi andalan OPPO F9 yaitu pada kamera yang menggunakan lensa ganda masing-masing punya resolusi 16MP dan 2MP, serta sudah didukung teknologi AI Beautification. Kamera depannya pun juga tak kalah canggih.

Seri F9 dibekali OPPO dengan kamera selfie resolusi 25MP dengan HD sensor dan teknologi AI Beauty sehingga pemiliknya dapat swafoto dengan hasil yang lebih natural.

Lain itu, guna menunjang aktivitas selfie pengguna, kamera depan OPPO F9 dilengkapi dengan AR Sticker, mode Super Vivid yang membuat hasil foto, dan video semakin kaya warna.

Terkait dapur pacu, OPPO F9 hadir dengan prosesor Mediatek Helio P60, RAM 4GB dengan kapasitas internal 64GB dan dapat diperluas hingga 256 GB menggunakan microSD. OPPO F9.

Dan yang tak kalah penting yaitu hadirnya teknologi VOOC Falsh Charge di OPPO F9. Sebuah fitur pengisian daya cepat yang telah digunakan oleh lebih dari 90 juta konsumen di berbagai belahan dunia.

Dengan spesifikasi seperti itu, apakah OPPO F9 masih layak dibeli di 2020? Jawabannya tergantung dari sudut pandang melihat ponsel tersebut. Jika pintu masuknya adalah harga, OPPO F9 masih layak lantaran berstatus ponsel mid-range premium, tapi pada masanya.

Spesifikasi OPPO F9 masih mumpuni dan kompetitif untuk diadu dengan ponsel di kisaran harga setara. Yang jadi persoalan klasik ponsel bekas umumnya terletak pada kesehatan baterai yang tentunya bisa jadi tidak "sesehat" seperti dulu.

Meski begitu patut dipertimbangkan pula bahwa saat ini ponsel entry-level di kisaran Rp1,5 juta pun kini sudah "naik kelas". Spesifikasi yang diusung juga tak kalah dari ponsel mid-range, macam dual-camera atau bahkan triple-camera, termasuk kapasitas baterai besar.


Baca juga artikel terkait OPPO F9 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight