Harga dan Spesifikasi New Honda Mobilio per Juli 2019

Oleh: Rani Rahayu - 3 Juli 2019
Dibaca Normal 2 menit
New Honda Mobilio memiliki berbagai pembaruan pada bagian eksterior, interior, serta beberapa teknologi baru yang diterapkan.
tirto.id - PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis generasi ketiga Mobilio dengan model facelift pada Kamis (21/2/2019). New Honda Mobilio memiliki berbagai pembaruan pada bagian eksterior, interior, serta beberapa teknologi baru yang diterapkan.

Harga yang ditawarkan Honda juga tidak mengalami kenaikan dibandingkan dengan tipe Mobilio sebelumnya yang membuat New Honda Mobilio menjadi incaran calon pembeli di Indonesia.

Berikut harga dan spesifikasi New Honda Mobilio berdasarkan pantauan Tirto pada Rabu (3/7/2019).

1. Harga

New Honda Mobilio memiliki tujuh pilihan warna yakni, crystal black pearl, lunar silver metallic, modern steel metallic, taffeta white, coffe cherry red (khusus tipe E & S), white orchid pearl, dan phoenix orange pearl two tone (khusus tipe RS).

Ada lima tipe Honda Mobilio hadir dengan harga tertentu berdasarkan OTR Jakarta, yakni sebagai berikut.
  • New Honda Mobilio S M/T dibanderol dengan harga Rp194.000.000
  • New Honda Mobilio E/ M/T dibanderol dengan harga Rp214.500.000
  • New Honda Mobilio E CVT dibanderol dengan harga Rp225.000.000
  • New Honda Mobilio RS M/T dibanderol dengan harga Rp237.500.000
  • New Honda Mobilio RS CVT dibanderol dengan harga Rp248.000.000
2. Spesifikasi

a. Desain dan Dimensi
PT HPM menerapkan pembaruan konsep yang cukup signifikan, terlihat dari lampu utamanya berupa projector LED berbentuk menyipit tajam, dilengkapi dengan teknologi LED Daytime Running Light.

Visibilitas pengemudi saat berkendara menjadi jauh terkontrol secara maksimal, terutama ketika berkendara pada malam hari. Bagian depan bawah juga dilengkapi dengan fitur fog lamp (lampu kabut) yang memberikan kesan stylish.

Bodi Mobilio terbaru dilengkapi dengan beberapa garis tajam dengan handle door berbahan chrome. Tak hanya itu, velg Mobilio terbaru ini juga mengalami pembaruan, New Mobilio menggunakan velg tipe Alloy Wheel untuk tipe S, Trim Wheel untuk tipe E & E CVT, dan Sporty Alloy Wheel untuk tipe RS, semuanya berukuran 15”.

Pada bagian belakang, sentuhan minimalis semakin terlihat, Honda menambahkan Rear License Garnish pada dudukan plat nomor yang terletak di antara kedua stop lamp.

Dari sisi interior, New Honda Mobilio memberikan pembaruan pada warna dashboard, yakni black standarnd (tipe S), black ivory (tipe E), dan black with orange stitch line (tipe RS).

Layar sentuh 6.2" berteknologi Resistive (khusus Tipe E), dilengkapi dengan USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/iPod/iPhone, CD/DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands-Free Telephone.

Untuk tipe S, mengusung head unit dengan New 2DIN Audio + USB Port, AM/FM Radio, Compatible dengan iPhone & iPod, Aux In, CD Player, Bluetooth, Hands-Free Telephone.

Honda Mobilio varian tertinggi, tipe RS juga mendapat pembaruan berupa layar Capacitive Touchscreen Display 8” didukung fitur AM/FM Radio, USB Port, Compatible w/ iPhone & iPod, AUX-IN, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Smartphone Connection.

Pada bagian pengemudi, Honda Mobilio menempatkan Meter Cluster denga layar MID yang simpel, tetapi lebih informatif sehingga kondisi mobil saat dikendarai akan mudah dipahami.

Pada bagian setir kemudi, New Honda Mobilio dilengkapi Audio Steering Switch (khusus tipe E & RS) untuk memudahkan pengendara dalam mengatur sistem entertainment berupa MP3 tanpa mengganggu pandangan ke depan di saat sedang mengemudi.

Honda akan mengandalkan kursi berbahan material dengan kualitas baik. Honda Mobilio 2019 menggunakan kursi semi-bucket ergonomis dengan bentuk semi bucket yang mampu menjaga posisi tubuh saat mengemudi.

Fitur teknologi lainnya pada Honda Mobilio 2019 yaitu, layar sentuh 6.2” (tipe E) atau 8” (tipe RS) dengan serangkaian fitur konektivitas dan fitur entertainment (radio AM/FM dan MP3).

New Honda Mobilio,memiliki ukuran panjang 4.386, lebar 1.683, dan tinggi 1.603 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.650 mm.

Pada bagian ground clearance New Honda Mobilio memiliki tinggi 189 mm. MPV ini memiliki radius putar hingga 5,2 m sehingga ketika menghadapi belokan tajam mobil masih tetap stabil.

New Honda Mobilio juga sudah dibekali dengan suspensi berkualitas, Mac Pherson Strurt dan H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakangnya.

Selain itu bagian pengereman, Mobilio sudah menganut rem berteknologi ABS plus EBD (untuk tipe Tipe E dan RS). Bagian kaki-kakinya, velg berdiameter 15 inci dengan balutan ban ukuran 185/65 R15.

b. Mesin
Tidak ada pembaruan pada mesin New Honda Mobilio. New Honda Mobilio masih menggunakan mesin l,5Liter SOHC 4 Silinder tunggal segaris berteknologi i-VTEC+DBW, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 88Kw pada putaran 6.600rp, serta mampu mencapai torsi maksimum 145Nm pada putaran mesin 4.600rpm.

Hal yang menjadi perhatian pada mesin New Honda Mobilio adalah fitur ECO Indicator yang mendukung bahan bakar hemat.

Bagian pamungkas pada mesin Mobilio terletak pada sistem transmisi penggerak, yang terbagi menjadi dua mengikuti varian Mobilio, yang pertama varian dengan sistem transmisi otomatis CVT dan varian 5-Speed bertransmisi manual.

c. Fitur Keamanan
PT HPM telah menambahkan fitur canggih, seperti sistem pengereman berteknologi ABS+EBD yang memberi kualitas rem lebih mumpuni, serta mencegah terjadinya ban terselip saat pengereman mendadak.

Honda Mobilio 2019 juga dilengkapi dengan dual SRS airbags untuk semua tipe, demi melindungi penumpang depan dan pengemudi ketika terjadi benturan keras.

Selain itu, Honda juga telah menerapkan rangka G-CON + AXE TM with Side Impact Beam sebagai rangka kokoh guna menjaga keseimbangan maupun melindungi dimensi bodi ketika terjadi benturan keras.


Baca juga artikel terkait HONDA atau tulisan menarik lainnya Rani Rahayu
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Rani Rahayu
Penulis: Rani Rahayu
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight