Harga dan Spesifikasi Mobil Listrik Lexus UX30e Terbaru 2022

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 22 Sep 2022 16:33 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Baterai Lexus UX 300e mampu menggerakkan mobil sampai jarak 300 kilometer, berapa harganya?
tirto.id - Lexus UX 300e menjadi pesaing kuat untuk jenis kendaraan berbasis listrik murni. Mobil listrik seharga Rp1.240.000.000 ini dibekali dengan baterai yang mampu menjalankan kendaraan hingga jarak 300 kilometer. Di samping itu, Lexus berani memberikan garansi ketahanan baterai sampai 8 tahun sejak pembelian.

Dikutip dari laman Lexus Indonesia, motor listrik dari UX 300e menyuplai tenaga sampai 201HP. Torsi puncaknya mencapai 300Nm dan mobil bisa melaju hampir seketika saat pedal gas diinjak. Akselerasinya untuk mencapai kecepatan 100km/jam hanya diperlukan waktu 7,5 detik.

Tidak hanya performanya saja yang gahar, penampilan mobil listrik ini juga tampak sporty. Siluet dan roda alumunium sporty ditanam pada sisi luar bodi.


Spesifikasi dan fitur Lexus UX 300e

Lexus UX 300e memiliki unit kontrol daya yang terlihat kompak dan ringan. Namun, komponen utama unit daya ini telah didesain ulang agar bisa menangani arus listrik besar.

Baterainya menggunakan jenis lithium ion berkapasitas tinggi yang didesain khusus UX 300e. Kendati ukurannya juga besar, namun baterai ini dipasang secara khusus agar memastikan area kabin tetap luas setara dengan sport coupe konvensional.

Menengok sistem pengisian baterai, pengguna bisa melakukan charging menggunakan Lexus Smart Charger Home Wall Box yang bisa dipasang di rumah.

Untuk mengisi penuh baterai hanya diperlukan waktu 6-8 jam. Apabila mengisinya memanfaatkan fitur pengisian cepat yang disediakan stasiun pengisian kendaraan listrik di area publik, maka baterai dapat terisi penuh dalam 1- 2 jam 15 menit.

Area kabinnya memiliki konsol tengah berupa tombol shift yang berlapis krom dan kulit. Dasbornya mempunyai layar display 10,3 inci Apple carplay dan Android Auto yang memungkinkan integrasi smartphone dengan UX 300e. Berkendara pun nyaman dan tidak berisik di dalam kabin.

Faktor keamanan tidak dilupakan kendaraan ini. Tersedia 10 SRS Airbags yang 8 di antaranya dipasang melapisi ruang kabin. Fitur ini melindungi seluruh penumpang dari risiko benturan keras saat kecelakaan.

Di samping itu, tersedia pula fitur pelacakan jalur jalan. Sebuah kamera ditaruh di depan mobil dan memantau jalur marka jalan. Bila pengemudi mulai melenceng dari garis marka, maka sistem segera bekerja memperbaiki kesalahan.

Bagian depan Lexus U4X 300e turut dilengkapi sensor pra-tabrakan. Sensor ini mendeteksi kendaraan, pengendara sepeda, hingga pejalan kaki dari arah depan dan segera melakukan pengereman berpotensi menabrak objek di depannya.


Baca juga artikel terkait LEXUS UX 300E atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight