Harga dan Spesifikasi Mobil Esemka Bima yang Baru Dirilis

Oleh: Wisnu Amri Hidayat - 6 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi mobil Esemka Bima yang baru dirilis 6 September 2019.
tirto.id - Mobil hasil produksi dalam negeri Esemka resmi dirilis pada Jumat, (6/09/2019) dengan harga mulai Rp110 juta. Mobil Esemka yang dirilis dalam dua varian yaitu Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3.

Presiden Joko Widodo, bersama Menteri Perindustrian, Menteri Perhubungan dan lainnya, menghadiri peresmian mobil Esemka beserta pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Solo, Jawa Tengah, selaku pemilik produk (principal) mobil Esemka.

Kehadiran pabrik mobil bermerek Esemka tersebut, diharapkan dapat memajukan penyerapan komponen otomotif dalam negeri, khususnya yang diproduksi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Langkah strategis ini akan mewujudkan kemandirian industri nasional, terutama sektor otomotif.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menuturkan, “Saat ini, PT SMK telah bekerjasama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal dan sudah melakukan persiapan untuk produksi massal.”

Airlangga menambahkan, sebagai produsen otomotif, PT SMK telah memiliki Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) yang telah diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian untuk enam jenis kendaraan roda empat.


“Empat di antaranya merupakan kendaraan komersial tipe pick up single cabin yang diberi nama BIMA - ESEMKA, lalu satu tipe penumpang double cabin yang diberi nama DIGDAYA - ESEMKA dan satu tipe lagi kendaraan penumpang minivan dengan nama BORNEO – ESEMKA,” kata Airlangga.

Spesifikasi Mobil Esemka 2019

Mobil pertama produksi PT SMK, Esemka Bima akan meluncur di pasaran dalam dua varian, yaitu dengan kapasitas mesin 1200 cc dan 1300 cc.

Esemka Bima keluaran PT SMK adalah mobil komersial bertipe pick up (kendaraan niaga) yang dibekali dengan mesin tipe SOHC (Single Over Head Camshaft).

Pikap Esemka tersebut menggunakan bahan bakar bensin, dengan kapasitas full tank sebesar 40 liter. Sementara, untuk spesifikasi lain seperti daya dan torsi maksimum, suspensi depan dan belakang, serta informasi lainnya mengenai mobil ini belum dirilis ke publik.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengatakan, selain dari besaran kapasitas mesin, perbedaan antara Bima 1.200 cc dan 1.3000 cc terletak pada kapasitas ruang kargo yang dimiliki.

Dimensi kargo yang akan disematkan pada Esemka Bima 1300 cc akan lebih besar dibanding kapasitas kargo milik 1.200 cc.

Baca juga artikel terkait MOBIL ESEMKA atau tulisan menarik lainnya Wisnu Amri Hidayat
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Wisnu Amri Hidayat
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Yantina Debora
DarkLight