Harga Beda Rp700 Ribuan, Pilih Redmi Note 7 Pro Atau Redmi Note 7?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 1 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Redmi Note 7 Pro menawarkan kemampuan kamera mumpuni dan performa tinggi, sedangkan Redmi Note 7 mengusung desain terkini harga terjangkau.
tirto.id - Redmi Note 7 Pro dan Redmi Note 7 baru saja diluncurkan di India yang membidik pasar kelas menengah dengan harga kompetitif. Redmi Note 7 ditawarkan mulai 9.999 rupee atau sekitar Rp1,9 juta, sedangkan Redmi Note 7 Pro dijual mulai 13.999 atau sekitar Rp2,7 juta (kurs Rp199).

Harga Redmi Note 7 Pro untuk varian terendah tersebut terpaut Rp700 ribuan dari Redmi Note 7 juga untuk varian terendahnya. Lantas, mana yang layak dipilih?

Redmi Note 7 Pro dan Redmi Note 7 menawarkan karakteristik desain serupa dengan "poni" minimalis, Dot Notch. Keduanya juga menggunakan cangkang ber-finishing glossy.

Perbedaan Redmi Note 7 Pro dan Redmi Note 7 adalah varian warnanya. Apabila Redmi Note 7 Pro mengusung warna yang bergradasi, maka varian reguler tidak bergradasi.

Redmi Note 7 Pro menawarkan lompatan kinerja signifikan jika dibandingkan pendahulunya. Ponsel ini disokong chipset Snapdragon 675 berkonsep octa-core yang dipadukan RAM hingga 6GB. Sisi grafis, Redmi Note 7 Pro cukup mumpuni berkat dukungan GPU Adreno 612.

Kinerja Redmi Note 7 memang tak sekencang varian Pro, tetapi mengalami peningkatan signifikan dari Redmi Note 6 Pro.

Redmi Note 7 mengandalkan chipset Snapdragon 660 AIE berkonsep octa-core dengan kecepatan 2,2GHz yang dipadukan RAM hingga 4GB. Ponsel ini juga cukup cakap diajak bermain game berkat dukungan kartu grafis Adreno 512.

Peningkatan signifikan juga terlihat pada kamera belakang Redmi Note 7 Pro, yang menawarkan sensor berukuran lebih besar. Kamera utamanya berkekuatan 48MP dengan sensor Sony IMX586 berukuran 1/2 inci 0.8um piksel didukung fitur PDAF dan LED flash. Kamera kedua berkekuatan 5MP berfungsi sebagai AI dan depth sensor.

Redmi Note 7 dibekali spesifikasi kamera identik dengan Redmi Note 5 Pro (India) yang masih mengusung kamera ganda, dengan kamera utama berkekuatan 12MP sensor 1/2.9 inci 1,25um piksel dan ditemani kamera kedua 2MP sebagai depth sensor.

Sedangkan untuk kamera depan, baik Redmi Note 7 Pro maupun Redmi Note 7 reguler sama-sama mengandalkan lensa selfie 13MP yang didukung fitur AI untuk kebutuhan swafoto.

Berdasarkan pertimbangan di atas, Redmi Note 7 Pro layak dipilih bila konsumen membutuhkan kemampuan kamera lebih mumpuni dan kinerja powerful. Redmi Note 7 lebih cocok untuk mereka yang membutuhkan smartphone terkini dengan harga terjangkau.

Sebagai informasi, Redmi Note 7 yang dirilis di India, Kamis (28/2/2019) kemarin memiliki spesifikasi berbeda dari Redmi Note 7 yang diperkenalkan di Cina pada awal Januari lalu.

Varian India hanya mengusung kamera belakang 12MP dan 2MP, sedangkan versi negara asalnya dibekali kamera 48MP + 5MP.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight