Hardiknas, Pegiat Literasi Daerah Bertemu Jokowi di Istana

Oleh: Yuliana Ratnasari - 2 Mei 2017
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi mengapresiasi upaya mereka dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat.
tirto.id - Sebanyak 39 pegiat dari berbagai daerah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan Hari Pendidikan Nasional di Istana Negara, hari ini, Selasa (2/5/2017).

Presiden Jokowi kemudian mengajak diskusi para pegiat yang aktif berupaya meningkatkan minat baca buku anak-anak dan warga di berbagai pelosok daerah termasuk Tasikmalaya, Pulau Buton, Wonogiri, Polewali Mandar, Purbalingga, dan Manggarai Barat itu.

Beberapa pegiat membawa serta kendaraan yang biasa mereka gunakan sebagai perpustakaan keliling seperti bemo, angkutan kota, pedati yang ditarik sepeda motor hingga gerobak motor jualan makanan ringan ke halaman Istana Negara.

"Membaca buku, saya kira ini sebuah kegiatan yang memang di tempat manapun yang terpencil, yang di desa, di kampung-kampung, sangat diperlukan sekali oleh anak-anak," kata Presiden Jokowi saat acara silaturahim dengan Pegiat Literasi Inspiratif di Istana Negara, Jakarta.

Seperti dilansir dari Antara, Presiden Jokowi mengapresiasi upaya mereka dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat.

Bersama para pegiat literasi tersebut, Jokowi berdiskusi mengenai pengalaman mereka menggunakan bermacam usaha untuk menarik minat warga pada buku, dan menggunakan aneka kendaraan untuk mengantarkan buku-buku ke anak-anak.

"Sehingga ini nanti sepulang ini nanti, saya minta Pak Menteri untuk nanti ditambahi oleh-oleh buku-buku sebanyak-banyaknya," kata Presiden kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mendampinginya dalam acara itu.

Presiden mengatakan kisah perjuangan para pegiat literasi dari pelosok itu perlu diangkat supaya bisa menginspirasi masyarakat lain mendukung upaya meningkatkan minat baca.

"Sehingga anak-anak kita nanti betul-betul memiliki sebuah kesempatan membaca," kata Presiden, yang dalam acara itu menerima tas noken berisi buku dari pegiat asal Manokwari, Papua Barat, Misbach Surbakti.

Baca juga artikel terkait HARI PENDIDIKAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight