tirto.id - PT Aspirasi Hidup Indonesia (AHI) Tbk atau ACES memperkenalkan konsep teranyarnya setelah berganti nama menjadi Azko. Rebranding ini diikuti dengan peluncuran konsep toko berupa experience store yang untuk pertama kali diresmikan di Mall Living World Alam Sutera, Tangerang, pada Kamis (9/1).
Direktur Utama ACES, Gregory S. Widjaja, mengatakan bahwa pembaharuan konsep ini sesuai dengan tagline Azko sebagai ‘Your Home Life Improvement Partner’. Gregory menyebut, transformasi Azko menandai babak baru setelah beroperasi selama tiga dekade.
“Ini adalah saatnya kami membuka babak baru. Sebuah transformasi yang mencerminkan komitmen kami terhadap inovasi, keunggulan, dan juga keberlanjutan,” ujarnya.
Langkah pergantian merek ini, kata Gregory, merupakan bentuk representasi visi dan misi Azko. Sebabnya, pemilihan ‘Azko’ berasal dari koleksi produk lengkap A sampai Z yang didukung dengan layanan komprehensif dan individu kolaboratif.
Berangkat dari gagasan pengembangan nama Azko, Gregory menyampaikan bahwa akan ada transformasi pada 245 toko Azko yang tersebar di 75 kota di seluruh Indonesia. Namun demikian, proses ini akan berlangsung secara bertahap.
“Transformasi toko akan dilakukan secara bertahap dengan experience store pertama kami di Living World Alam Sutera ini yang akan kita resmikan hari ini,” ungkapnya.
Gregory menambahkan, experience store pertama Azko ini dinilai spesial karena menyuguhkan konsep atraktif yang dapat menunjang para konsumen dalam memilih barang yang tepat. Pasalnya, zona inspirasi yang dihadirkan dalam toko Azko akan dihadirkan dengan mengusung pendekatan seamless digital-first experience melalui layanan omnichannel.
“Berbagai zona inspirasi hadir didukung dengan konsep seamless digital-first yang interaktif untuk menunjang omnichannel sehingga membantu pelanggan menjelajahi produk, mendapatkan personalized recommendation, dan melakukan pembelian baik secara offline maupun online,” jelas Gregory.
Tak hanya itu, konsep teranyar toko Azko ini akan difasilitasi dengan idea spot yang memamerkan barang-barang untuk mendukung kebutuhan dan gaya hidup konsumen. Pada idea spot ini, Direktur Aspirasi Hidup Indonesia sekaligus Marketing Director Azko, Teresa Lucia Wibowo mengatakan pengadaan display yang tidak biasa ini ditujukan untuk memberikan ide kepada konsumen.
“Kita membuat toko yang inspiratif supaya customer kita tuh bisa tercetus ide-ide. Bagaimana bisa membuat hidup dan rumahnya lebih baik lagi? Maka dari itu, Azko experience store ini dibuat benar-benar menunjang sisi inspiratif itu di mana semua barang tidak hanya di-display pada umumnya,” jelas Teresa.
Menurutnya, penataan barang pada experience store Azko yang tidak hanya disesuaikan dengan kategori, tetapi juga tren atau kebutuhan terkini konsumen, menunjukkan komitmen Azko sebagai jenama yang customer-centric. Karenanya, kelengkapan Azko kini juga didukung dengan fasilitas yang dapat membantu keluarga berbelanja dengan nyaman, yaitu ketersediaan playground untuk anak-anak.
Dengan beberapa pembaruan bersama pengembangan produk Azko yang mencapai kisaran 50 ribu item saat ini, Teresa optimistis bahwa rebranding Azko akan membuahkan hasil yang lebih baik. Sebabnya, Teresa menyebut langkah-langkah yang telah dilakukan merupakan cerminan dari Azko yang mengedepankan konsumen.
“Kenapa kami rebranding ini? Kami redesign toko, supaya membuat customer lebih betah dan tentunya lebih berkembang dengan zaman, bisa memanjakan customer dengan lebih baik lagi,” pungkasnya.
Editor: Tim Media Service