Gordon Banks, Kiper Legendaris Inggris Meninggal Dunia

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gordon Banks, kiper yang turut menjadi kunci keberhasilan Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966, meninggal pada Selasa (12/2/2019).
tirto.id - Gordon Banks, kiper yang turut menjadi kunci keberhasilan Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966, meninggal pada Selasa (12/2/2019) dalam usia 81 tahun. Banks terkenal dengan penyelamatannya atas aksi tandukan Pele pada Piala Dunia 1970 yang disebut-sebut sebagai "Save of the Century".

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa Gordon meninggal dengan tenang. Kami terpukul kehilangan dirinya, tetapi kami memiliki begitu banyak kenangan indah, dan tidak mungkin lebih bangga lagi tentangnya," demikian keterangan keluarga Banks yang dimuat akun twitter resmi Stoke City pada Selasa (12/2).

Perjalanan panjang karier Gordon Banks di dunia sepak bola dimulai pada 1953, ketika ia menjadi penjaga gawang Millspaugh FC. Kiper klub amatir tersebut tidak dapat tampil. Banks yang kala itu menonton pertandingan, diminta oleh pelatih Millspaugh, yang sebelumnya sudah melihat aksinya di Sheffield Schoolboys, untuk bergabung.

Klub profesional kiper kelahiran 30 Desember 1937 tersebut adalah Chesterfield. Setelah menjalani enam laga dengan status trial di level tim pemuda, Banks mampu meyakinkan manajer klub itu, Teddy Davison.

Meskipun hanya tampil di Third Division, kemampuan Banks kemudian dilirik oleh Matt Gilles, manajer tim Leicester City yang ada di First Division. Ia dibeli dengan biaya 7.000 paun pada Juli 1959 dengan gaji 15 paun perpekan.

Di Leicester City inilah Banks menunjukkan kualitasnya. Tampil delapan musim, ia turut membantu The Foxes meraih gelar Piala Liga Inggris 1964. Banks juga mendapatkan panggilan pertama ke tim nasional Inggris saat ada di Leicester, pada 1963 ketika The Three Lions berhadapan dengan Skotlandia.

Puncak karier Banks tiba di Piala Dunia 1966 yang dimainkan di Inggris. Tuan rumah mampu menjadi pemenang untuk pertama kalinya, dan satu-satunya hingga saat ini. Di final, Banks dan kolega mampu menaklukkan Jerman 4-2 melalui babak perpanjangan waktu.

Lepas dari Leicester City, Gordon Banks kemudian bergabung dengan Stoke City. Bersama The Potters, Banks merebut Piala Liga Inggris 1972, yang hingga kini menjadi satu-satunya gelar klub tersebut.

Namun, kecelakaan mobil yang menimpa Banks pada 22 Oktober 1972 membuat penglihatannya tidak bisa kembali seperti sedia kala. Banks pensiun dari sepak bola profesional, meski sempat tampil untuk Cleveland Stokers, Fort Lauderdale Strikers, dan St Patrick's Athletic.



Penyelamatan Spektakuler di Piala Dunia 1970
Salah satu aksi paling spektakuler dari sang kiper legendaris terjadi di Piala Dunia 1970. Ketika itu Inggris berhadapan dengan Brasil di Grup 3. Umpan silang Jairzinho ditanduk oleh Pele ke sudut kanan bawah gawang.

Pele sudah berteriak "gol" untuk aksi tersebut karena mengira, Banks mustahil menjangkaunya. Akan tetapi, sang kiper dengan brilian mementahkan tandukan itu dengan cara mendorongnya melewati mistar gawang.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus