Gonzalo Higuain Gantung Sepatu dari Tim Nasional Argentina

Oleh: Gilang Ramadhan - 29 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penyerang Juventus, Gonzalo Higuain, memutuskan gantung sepatu dari tim nasional Argentina pada (28/3/2019).
tirto.id - Striker Juventus yang sedang menjalani masa peminjaman di Chelsea, Gonzalo Higuain, memutuskan gantung sepatu dari tim nasional Argentina pada Kamis (28/3) waktu setempat di usia 31 tahun. Higuain senang dengan keputusan yang telah dia buat.

"Era saya dengan Seleccion telah berakhir, sekarang saya akan menonton tim dari luar, yang saya yakin akan membuat banyak orang bahagia. Saya senang dengan keputusan yang saya buat," kata Higuain kepada Fox Sports Argentina.

"Saya berbicara dengan (Pelatih Lionel) Scaloni dan mengatakan kepadanya sudut pandang saya. Ini adalah keputusan saya dan saya pikir itu akan membantu saya. Saya ingin menikmati lebih banyak waktu bersama keluarga saya dan saya melihat mereka menderita ketika saya begitu banyak dikritik."

Sejak hengkang dari Napoli pada 2016/2017 ke Juventus, penampilan Higuain semakin menurun. Kritikan terus menghujani kala hanya mampu mencetak 8 gol dari 22 laga saat dipinjamkan ke AC Milan musim panas tahun lalu.

Datangnya Cristiano Ronaldo ke Turin dan berlabuhnya Krzystof Piatek di AC Milan, membuat tempatnya tergusur. Pada Januari lalu, Juventus meminjamkannya ke Chelsea hingga akhir musim. Di bawah arahan mantan pelatihnya di Napoli, Maurizio Sarri, performa Higuain juga tak kunjung bangkit.



Bomber berjuluk El Pipita kelahiran Brest, Prancis pada 10 Desember 1987 itu telah membela Albiceleste sejak tahun 2009. Pada laga debutnya melawan Peru (10/10/2009), Higuain berhasil mencetak satu gol kemenangan 2-1 Argentina. Dia menjadi pemain ketiga yang membela timnas Argentina namun lahir di beda negara selain Pedro Arico Suarez dan Constantino Urbieta Sosa.

Pemain bertinggi badan 183 cm itu berhasil mencatatkan 31 gol bersama Albiceleste dari 75. Dia menjadi pemain ke-6 dalam daftar top skor sepanjang masa Argentina. Namun hanya medali perak Piala Dunia 2014 dan dua medali perak Copa America 2015 & 2016 yang berhasil dia sumbang untuk tim nasional.

Namanya mencuat usai Real Madrid memboyongnya dari River Plate pada musim 2006/2007. Los Blancos menebusnya dengan mahar senilai 12 juta euro. Tiga gelar La Liga, satu gelar Copa del Rey dan dua Supercopa de Espana berhasil dia sumbangkan ke lemari trofi Real Madrid. 107 gol dicetak Higuain bersama tim ibu kota Spanyol itu dari total 190 penampilan.

Pada musim 2013/2014, presiden Napoli, Aurelio de Laurentiis menebus Higuain dari Real Madrid dengan mahar 40 juta euro. Kendati hanya mampu meraih 1 Coppa Italia (2013/2014) dan Piala Super Italia 2014, Pipita memecah rekor sebagai pencetak gol terbanyak Serie A dalam satu musim kompetisi pada 2015/2016 dengan 36 gol.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus