Liga Spanyol

Gol Injury Time Diakhaby Bawa Valencia Raih Hasil Imbang Kesembilan

Oleh: Permadi Suntama - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Gol injury time Mouctar Diakhaby membuat Valencia mengamankan hasil imbang kesembilan musim ini di Liga Spanyol.
tirto.id - Gol Mouctar Diakhaby pada injury time membuat Valencia bermain imbang 1-1 melawan Sevilla pada Minggu (9/12/2018) dini hari. Tuan rumah yang sempat tertinggal oleh Pablo Sarabia pada menit ke-55, kini mencatatkan hasil seri kesembilan di La Liga Spanyol musim ini.

Hasil seri tidak banyak mengubah posisi kedua tim di tangga klasemen sementara La Liga 2018/2019. Sevilla tetap berada di posisi kedua dengan 28 poin, sementara Valencia masih di papan tengah, meski naik ke posisi 12 dengan poin 18.

Jalannya Pertandingan
Tim tamu langsung menggebrak pertahanan tuan rumah saat peluit pertandingan dimulai. Quincy Promes berhasil merangsek ke dalam kotak penalty Valencia di menit ke-2, tapi berhasil dihalau pertahanan tuan rumah. Tuan rumah berbalik mengancam pertahanan Sevilla lewat tandukan Ezequiel Garay, namun berhasil ditangkap Tomas Vaclik.

Pemain Valencia mengklaim handsball di dalam kotak penalty Sevilla, pada menit ke-6 tetapi wasit Javier Fernandez menganggap hal tersebut bukan pelanggaran, dan melanjutkan permainan. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol yang tercipta.

Babak kedua baru berjalan sepuluh menit, saat Pablo Sarabia membawa Sevilla unggul 1-0. Pablo Sarabia bebas di kotak penalti dan menaklukan Neto. Ia menempatkan bola ke pojok kanan bawah gawang Valencia.

Tertinggal satu gol, langsung direspon cepat oleh pelatih Marcelino, dengan melakukan tiga pergantian pemain dalam waktu 9 menit. Di sisa laga, Valencia terus menggempur pertahanan Sevilla. Namun, rapatnya pertahanan yang dikomandoi Sergi Gomez, membuat Valencia kesulitan menciptakan peluang.

Kegigihan tuan rumah dalam membongkar pertahanan Sevilla, baru membuahkan hasil jelang laga usai. Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan Dani Parejo, Mouctar Diakhaby berhasil memenangi duel di udara dan menanduk bola ke dalam gawang Sevilla, skor berubah 1-1.

Tidak lama setelah gol Diakhaby, wasit Javier Fernandez meniup peluit panjang, tanda pertandingan berakhir.

Di pertandingan ini, Valencia mencatat 16 percobaan tembakan ke gawang dengan 6 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan tim tamu mencetak 11 percobaan dan 3 kali tepat sasaran. Tuan rumah juga unggul dalam penguasaan bola, 54% berbanding 46% untuk Sevilla.



Susunan Pemain
Valencia (4-4-2): Neto; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista (Mouctar Diakhaby 63’), Jose Gaya; Carlos Soler, Daniel Parejo, Francis Coquelin, Gonzalo Guedes (Denis Cheryshev 61’); Santi Mina (Michy Batshuayi 69’), Rodrigo

Sevilla (3-5-2): Tomas Vaclik; Gabriel Mercado, Simone Kjaer, Sergi Gomez; Quincy Promes, Pablo Sarabia, Ever Banega, Franco Vazquez (Ibrahim Amadou 77’), Sergio Escudero; Andre Silva, Ben Yedder (Luis Muriel 85’)

Baca juga artikel terkait LA LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Dari Sejawat
Infografik Instagram