Piala Dunia 2018

Gol Debut Maguire Bawa Inggris Jadi Tim Kedua yang Bobol Swedia

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 7 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Maguire mencetak gol pertama dalam duel Swedia vs Inggris di perempat final Piala Dunia 2018.
tirto.id - Pemain Leicester City, Harry Maguire mencetak gol debutnya untuk Timnas Inggris pada laga kontra Swedia, Sabtu (7/7/2018). Memaksimalkan sebuah umpan sepak pojok, ia menyundul bola untuk mengecoh kiper Swedia dan menggetarkan gawang.

Tak hanya menyita perhatian karena merupakan gol perdana untuk negaranya, angka yang dicetak Maguire juga sekaligus mematahkan kegemilangan rekor kebobolan Swedia.

Di Piala Dunia 2018, sebelum laga melawan Inggris tercatat satu-satunya tim yang berhasil membobol gawang Swedia adalah Jerman. Kebobolan ini terjadi dalam laga gameweek kedua Grup F, kala Swedia takluk 2-1.

Selain dalam laga tersebut, tak sekalipun Robin Olsen kebobolan. Mereka selalu menyudahi laga dengan kemenangan tanpa kebobolan, masing-masing atas Korea Selatan (1-0), Meksiko (3-0), dan Swiss (1-0).

Hingga artikel ini diunggah, laga Swedia vs Inggris sendiri baru berlangsung hingga menit ke-60. Skor sementara 2-0 untuk keunggulan The Three Lions. Selain Maguire, satu gol lain Inggris dicetak Dele Alli pada menit ke-58.

Bagi Harry Maguire sendiri, golnya ke gawang Inggris membuatnya menyamai rekor Alan Mullery, David Platt, serta Rio Ferdinand. Nama-nama tersebut adalah pemain yang sukses mencatatkan gol debut ketika berpartisipasi pada knockout Piala Dunia 2018.


Maguire memerlukan waktu enam laga (resmi) guna menyarangkan gol debut. Selain lima laga yang telah dilakoni bersama Inggris di Piala Dunia 2018, satu caps lain terjadi pada Kualaifikasi. Adapun selain satu gol, Maguire sejauh ini tercatat juga telah menghasilkan sebiji assist di Piala Dunia 2018.

Pemenang laga perempat final antara Swedia vs Inggris sendiri bakal melakoni duel tak kalah berat di fase berikutnya. Pasalnya, dalam semifinal, tim tersebut harus persua pemenang dalam duel lain antara Kroasia vs Rusia.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight