Menuju konten utama

Gibran Safari Politik ke UMKM & Komunitas Seni di Boyolali

Dalam safari politiknya di Boyolali, Gibran menekankan harus ada intervensi dari pemerintah untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM.

Gibran Safari Politik ke UMKM & Komunitas Seni di Boyolali
Gibran Rakabuming Raka mengunjungi UMKM pengrajin tembaga dan melihat proses produksi tembaga di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). ANTARA/Aris Wasita.

tirto.id - Gibran Rakabuming Raka memulai safari politik perdana di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, tepatnya di sentra industri tembaga, Desa Tumang, Cepogo.

Pada kunjungannya ke tempat produksi AA Kuningan di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Sabtu, Gibran sempat berdialog dengan sejumlah pengrajin dan warga setempat.

Pada kesempatan tersebut, Gibran menekankan harus ada intervensi dari pemerintah untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM.

"Pasarnya mulai harus ada intervensi dari pemerintah. Ini 'kan sudah ada koperasinya, otomatis koperasinya harus di-supportdengan alat-alat yangup to datejuga," katanya, Sabtu (28/10/2023).

Meski demikian, kata dia, pengrajin juga memiliki koordinasi yang baik dengan kementerian terkait.

"Ini nanti tinggal dari koperasi, kementerian, tinggal koordinasi biar alat-alat yang dimiliki oleh pengrajin yang ada di sini enggak kalah dengan tempat-tempat yang punya alat-alat CNC, alat laser," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, sentra tembaga harus didukung karena mampu menghidupi satu desa.

Sementara itu, Koordinator Relawan Bolone Mase Kuat Hermawan Santoso mengatakan bahwa sebetulnya sudah ada sejumlah permintaan dari beberapa kota agar Gibran mendatangi tempat-tempat tersebut.

"Pantura Jateng, jalur tengah, dan selatan. Paling siap di jalur tengah sehingga saya pilih ini daripada meloncat pindah ke mana," katanya.

Menurut dia, tidak ada pertimbangan khusus dipilihnya Boyolali sebagai lokasi pertama safari politiknya.

"Ini silaturahmi kepada masyarakat. Ini 'kan tempat produksi tembaga. Salah satu yang terkenal tembaga ekspor, apa sih problem-problemnya, Mas Wali juga harus tahu," katanya.

Gibran Berkunjung ke Padepokan Seni

Selain itu, Gibran juga mengunjungi komunitas seni di Dukuh Salam, Desa Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

"Ya, ini tadi mampir sebentar ke salah satu sanggar yang ada di sini. Luar biasa sekali, isinya anak-anak muda semua yang masihnguri-uribudaya," kata Gibran saat mengunjungi Padepokan Turonggo Seto di Kabupaten Boyolali, Sabtu.

Terkait dengan kegiatan anak-anak muda tersebut, bakal calon wakil presiden itu mengatakan bahwa Pemerintah harus mendukung mereka.

"Seperti yang saya katakan kemarin, hal-hal yang terkait anak muda, generasi Z, milenial, santri pasti kami dukung penuh," katanya.

Menyinggung kunjungan tersebut merupakan bagian dari refleksi sumpah pemuda, Gibran menegaskan bahwa anak muda yang memiliki komitmen kebangsaan harus didukung penuh.

"Ya, salah satunya ini, tempat sanggar," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Gibran juga memuji kondisi Selo yang sejuk dan mendukung sektor pertanian.

"Bagus, potensial untuk semua pertanian," katanya.

Sementara itu, Gibran resmi diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2024

tirto.id - Politik
Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri