Gibran-Kaesang Cawalkot, PKS Tertarik tapi Pilih yang Aktif Politik

Oleh: Irwan Syambudi - 27 Juli 2019
PKS lebih memilih mereka yang sudah aktif di parpol atau yang sudah sempat jadi ketua KNPI kemudian yang sudah aktif dalam organisasi.
tirto.id - Dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025. Hal itu berdasarkan survei calon wali kota Solo yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Bahkan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga tertarik dengan dua putera mantan Walikota Solo itu. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengapresiasi aktivitas-aktivitas yang selama ini dilakukan Gibran dan Kaesang, terlebih keduanya juga aktif di media sosial dengan pernyataan-pernyatannya yang menarik.

"Itu dua-dunya muda, bagus, saya lihat komennya Kaesang menarik buat saya lucu dan tidak baperan saya apresiasi," ujar Mardani di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2019).

Namun, PKS menurut Mardani lebih memilih mengajukan anak muda yang sudah aktif di partai politik atau organisasi politik ketimbang mendukung Gibran-Kaesang.

"Kalau disuruh boleh milih mereka yang sudah aktif di parpol atau yang sudah sempat jadi ketua KNPI kemudian yang sudah aktif dalam organisasi, karena mereka sudah mulai dari bawah walaupun buat saya saatnya kita percaya kepada anak muda," tutur Mardani.

Jokowi sendiri mengaku sudah mengetahui hasil survei yang menempatkan putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025.

Jokowi mengatakan sebagai orang tua akan mendukung jika kedua putranya memutuskan terjun ke dunia politik dan maju sebagai calon wali kota Solo 2020-2025.

"Orang tua tuh bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun (termasuk terjun ke dunia politik). Jualan pisang saya dukung jualan martabak saya dukung," kata Jokowi di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019) malam.


Baca juga artikel terkait GIBRAN RAKABUMING atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight