Periksa Data

Gerindra Termasuk Paling Banyak Punya Caleg Mantan Koruptor?

Oleh: Irfan Teguh - 17 Januari 2019
Partai Gerindra meloloskan sejumlah caleg mantan napi korupsi, Jokowi menyebutnya sebagai partai yang termasuk paling banyak punya caleg mantan koruptor.
tirto.id - Saat membahas isu korupsi, pasangan Jokowi-Ma'ruf mempertanyakan komitmen Prabowo terhadap korupsi sebagai Ketua Umum Gerindra.

Berdasarkan data dari ICW (Indonesia Corruption Watch), Partai Gerindra merupakan partai yang terbilang banyak mencalonkan anggota legislatif mantan narapidana korupsi pada Pileg 2019, yakni enam nama.

Prabowo mengaku belum mengetahui hal tersebut. Selain itu, ia mencoba mengelak dengan mengatakan bahwa kasus-kasus korupsi tersebut kerap hanya sekadar pemberian THR yang masuk dalam gratifikasi. Prabowo menyayangkan tuduhan korupsi tersebut membawa-bawa nama partai. Untuk membuktikannya, ia mengajaknya untuk dibuktikan di Kejaksaan.

"Kalau ada anggota Partai Gerindra yang korupsi, saya yang akan penjarakan!" ungkapnya.

Jawaban Prabowo agak menjauh dari persoalan yang diungkapkan Jokowi tentang data para mantan narapidana korupsi yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif pada Pileg 2019. Apakah data yang diucapkan Jokowi tepat?


Periksa Fakta Jokowi 4
Periksa Fakta Jokowi 4

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Irfan Teguh
(tirto.id - Politik)


Penulis: Irfan Teguh
Editor: Suhendra