Liga Italia 2019

Gennaro Gattuso Mundur dari Posisi Pelatih AC Milan

Oleh: Fitra Firdaus - 28 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gennaro Gattuso, dikutip Repubblica menyatakan mundur dari posisi pelatih AC Milan.
tirto.id - Gennaro Ivan Gattuso mengumumkan bahwa dia meninggalkan posisi pelatih AC Milan pada Selasa (28/5/2019). Meskipun kontrak sang juru taktik masih tersisa hingga 2021, Gattuso memilih pergi dari kubu San Siro. Rossoneri sendiri baru saja gagal meraih tiket ke Liga Champions musim depan.

Kemenangan 3-2 atas SPAL di pekan terakhir Serie A 2018/2019 pada Senin (27/5/2019) tidak cukup membantu AC Milan untuk finis di empat besar klasemen Liga Italia. Rossoneri hanya mampu berada di peringkat kelima, mengoleksi 68 poin. Mereka berbeda dua angka dari Atalanta dan Inter Milan, dua tim terakhir dari Serie A yang lolos ke Liga Champions.

Padahal, dalam empat pertandingan terakhir di Liga Italia, AC Milan meraih empat kemenangan beruntun. Namun, mereka pada akhirnya hanya berlaga di Liga Eropa, bersama AS Roma sang peringkat keenam Serie A, dan Lazio, juara Coppa Italia 2019.

"Memutuskan untuk meninggalkan bangku Milan bukanlah hal yang mudah tetapi itu adalah keputusan yang harus saya buat," kata Gattuso dikutip Repubblica pada Selasa (28/5/2019).

"Tidak ada momen yang tepat ketika saya memutuskan (untuk pergi), tetapi ini adalah akumulasi 18 bulan sebagai pelatih tim yang bagi saya tidak akan pernah seperti yang lain. Bula-bulann yang saya jalani dengan penuh semangat, bulan-bulan yang tak terlupakan," terang sosok yang dahulu pernah berkarier sebagai pemain Glasgow Rangers ini.



Selama melatih AC Milan, Gattuso membawa tim tersebut menang 40 kali dalam 83 pertandingan. Sisanya adalah 23 seri dan 20 kalah. Persentase kemenangannya adalah 48,19 persen. Milan mencetak 117 gol dan kebobolan 82 kali di bawah komandonya.

AC Milan sendiri merupakan klub kelima yang pernah dilatih oleh Gennaro Gattuso. Dia memulai karier kepelatihan di Sion pada Februari 2013. Tiga klub lain yang pernah dilewatinya adalah Palermo, OFI Crete (Yunani), dan Pisa.

Pada Mei 2017, Gattuso ditunjuk menjadi pelatih AC Milan Primavera. Ia mengikuti jejak deretan pemain Rossoneri yang kemudian mengabdi sebagai pelatih tim U-19 tersebut, seperti Filippo Inzaghi dan Crisitian Brocchi.

Kesempatan Gattuso menangani tim senior AC Milan datang setelah Vincenzo Montella dipecat pada 27 November 2017. Namun, kini setelah 18 bulan berlalu, Gattuso memilih mengakhiri perjalanannya itu.

“Keputusan saya adalah pilihan yang menyakitkan tetapi bijaksana. Apakah saya melepaskan kontrak dua tahun? Ya, karena kisah saya dengan Milan tidak pernah berkaitan dengan uang," papar Gattuso.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus