Gantikan BTS, BLACKPINK Masuk Nominasi Shorty Award Ke-11

Oleh: Syarifah Aini - 1 Februari 2019
Dibaca Normal 2 menit
BLACKPINK girl group asuhan YG Entertaiment masuk nominasi Shorty Award ke-11
tirto.id - BLACKPINK girl group asuhan YG Entertaiment masuk dalam nominasi Penghargaan Shorty Award ke-11.

Dilansir Soompi BLACKPINK didapuk sebagai salah satu nominasi untuk kategori “Musik –Arts &Entertaiment” oleh anggota dari the Real Time Academy pada Kamis (31/1/2019).

Selain BLACKPINK, terdapat beberapa public figure ternama yang juga masuk dalam nominasi diantara Alanis Morissette, BAD BUNNY, Harry Styles, Jaden Smith, Janelle Monae, Kacey Musgraves, Mason Ramsey, Meek Mill, Normani, Post Malone, dan Weezer.

Sebelumnya, di tahun 2017, dalam ajang yang sama idol group asal Korea Selatan yaitu BTS telah lebih dulu masuk dalam nominasi “Musik –Arts &Entertaiment”. Dalam ajang penghargaan Shorty Award ke-9 tersebut, BTS bahkan berhasil keluar sebagai pemenang.

Ajang penghargaan Shorty Award sendiri merupakan ajang penghargaan yang didirikan oleh Sawhorse Media yang bertujuan untuk merayakan top short dalam bentuk konten dari platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube.


Penghargaan ini diberikan kepada perseorangan atau organisasi yang telah bekerja dalam satu tahun penuh, sementara pemenangnya dipilih berdasarkan akumulasi voting online dan hasil dari penilaian Time Academy.

Para penggemar yang ingin melakukan voting online ini dapat melakukan voting online langsung melalui laman resmi dari Shortly Award, hingga 21 Februari mendatang. Para top 6 dari hasil voting ini kemudian akan menjadi finalis yang akan diundang dalam malam penganugerahan yang akan digelar pada 5 Mei 2019 mendatang di New York City.

Masuknya BLACKPINK dalam nominasi “Musik –Arts & Entertaiment” sendiri bukan tanpa alasan. Pasalnya, Girl Group satu ini telah populer di dunia media sosial. Hal ini didasarkan oleh beberapa capaian yang telah diraih girl group beranggotakan 4 personel ini.

Beberapa waktu lalu pihak instagram yang diberitakan oleh Soompi pada (20/12/2018) telah memberikan penghargaan Instagram Award 2018 kepada Lisa dan ketiga member BLACKPINK lainnya sebagai pemenang kategori “Top Girl Group” 2018.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Instagram kepada BLACKPINK atas kepopularan mereka dalam media sosial. Sejak membuat akun instagram pada bulan Juni tahun lalu (15/6/2018), keempat personel BLACKPINK yaitu Lisa, Jennie, Rose, dan Jiso memang tercatat memiliki jumlah followers yang cukup banyak.

Per hari ini, yaitu Jumat (1/2/2019) Jennie (@jennierubyjane) sebanyak 12,5 juta followers, Rose (roses_are_rosie) sebanyak 10,08 followers, Jiso (@sooyaaa__) memiliki pengikut sebanyak 10,6 followers, serta terakhir Lisa memiliki pengikut terbanyak yaitu 14,2 juta followers.

Tak hanya memiliki jumlah followers yang banyak, sejak membuat akun instagram pada 15 Juni 2018 lalu, konten instagram dari keempat personel Girl Grup tunggal dari YG Entertaiment ini memang mendapatkan daya tarik bagi nitizen.

Bahkan tercatat pada postingan pertamanya di tanggal tersebut, keempat personel BLACKPINK berhasil meraih jumlah likes dengan angka fantastis. Lisa berhasil meraih sebanyak 2,1 juta dengan total 106.696 komentar.

Jennie meraih 1,7 juta likes dan 53.859 komentar, Rose meraih 1,6 juta likes dengan 47,328 komentar, serta terakhir Jiso memperoleh 1,5 juta likes dan 51,389 komentar.

Salah satu personelnya, yaitu Lisa, baru-baru ini bahkan berhasil mematahkan rekor Taehyon SNSD sebagai peraih jumlah followers terbanyak. Kini Lisa menjadi selebriti perempuan Korea dengan jumlah followers terbanyak dengan total sebanyak 14,2 juta followers.

Selain berhasil menarik minat nitizen pada platform instagram, BLACKPINK juga menunjukkan popularitasnya di kanal Youtube. Sejak memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 lalu, BLACKPINK telah berhasil menarik subscriber Youtube sebanyak lebih dari 18 juta subscriber.

Jumlah ini jauh lebih banyak dari subscriber kanal Youtube girl group lain seperti Girls Generation sebanyak 1,8 juta subscribers, TWICE yang memiliki sejumlah 4,1 juta subscriber, Red Velvet sebanyak 1 juta subscribers, serta MAMAMOO sebanyak 1,1 juta subscriber.

Baru-baru ini, BLACKPINK bahkan berhasil meraih lebih dari 600 juta kali penayangan atas video musik dari lagu DDU-DU-DDU-DU. Capaian ini berhasil menjadikan BLACKPINK sebagai girl group asal Korea Selatan pertama yang berhasil meraih 600 juta penayangan di Youtube.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight