Ganjar Bakal Teruskan Program Jokowi Jika Terpilih Jadi Presiden

Reporter: Ayu Mumpuni, tirto.id - 24 Okt 2023 13:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ganjar Pranowo akan melanjutkan program Jokowi jika terpilih jadi presiden, salah satunya kedaulatan pangan.
tirto.id - Bakal capres Ganjar Pranowo mengaku dirinya akan mencontoh Joko Widodo yang langsung bekerja usai dilantik menjadi presiden. Sosok Jokowi masih menjadi acuan Ganjar meski belakangan dikabarkan terjadi keretakan usai pengusungan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto.

"Kalau bahasanya Pak Jokowi waktu itu, kalau sudah dilantik langsung saja gaspol. Langsung saja dieksekusi," kata Ganjar di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyatakan, dirinya tetap akan melanjutkan program Jokowi yang belum diselesaikan di akhir kepemimpinannya. Salah satu yang bakal dilanjutkan adalah masalah kedaulatan pangan.

Menurut Ganjar, dirinya akan meningkatkan anggaran untuk menjalankan program kedaulatan pangan, sebab anggaran yang ada saat ini dipandang belum dapat memenuhi kebutuhan di lapangan.

Tak hanya itu, Ganjar juga memastikan anggaran mengenai transisi energi juga akan semakin didorong. Selain itu, anggaran untuk kesehatan dan pendidikan juga akan ditingkatkan.

"Anggaran kita jangan segini dong. Bisa naik dan bisa lebih optimal dan saya yakin banyak di antara kita mampu melakukan itu," tutur Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar memaparkan bahwa dirinya juga akan meneruskan program Jokowi dalam hal investasi. Baginya, tantangan yang dihadapi adalah mengatasi middle income trap atau jebakan negara berpendapatan menengah.

Menurutnya, tantangan middle income trap harus diatasi dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang matang dan bonus demografi.

"Tentu ya tidak terjebak pada middle income source ya optimalisasi potensi ekonomi dengan waktu yang kurang lebih 10 tahun sampai dengan 13 tahun, maka kita mesti gaspol mesti cepat," ucap Ganjar.

Dalam forum investor Amerika yang diselenggarakan tersebut, Ganjar pun memaparkan visi misinya. Visi misi tersebut juga telah disebutkannya usai pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tidak hanya Ganjar, dalam forum ini juga diundang Anies Baswedan dan Prabowo Subianto sebagai kandidat capres. Mereka akan memaparkan visi misi mereka sebagai capres di hadapan para investor.




Baca juga artikel terkait CAPRES GANJAR PRANOWO atau tulisan menarik lainnya Ayu Mumpuni
(tirto.id - Politik)

Reporter: Ayu Mumpuni
Penulis: Ayu Mumpuni
Editor: Reja Hidayat

DarkLight