Game of Thrones Capai 17,4 Juta Penonton di Awal Penayangan

Oleh: Adrian Samudro - 16 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penayangan perdana Game of Thrones season 8 di HBO capai 17,4 juta penonton.
tirto.id - Penayangan perdana Game of Thrones season 8 meraih 8,1 persen lebih banyak penonton atau sekitar 17,4 juta orang dibandingkan debut musim sebelumnya, sebagaimana diwartakan Fortune.

Jumlah penonton dari musim kedelapan serial terpopuler ini naik dari 16,1 juta penonton pada episode pertama musim ketujuh tahun 2017, yang juga menandakan sebagai malam terbesar HBO diakses pada Minggu (14/4/2019), kata saluran tersebut.

Para penggemar kisah serial ini harus menunggu hampir dua tahun lamanya untuk kelanjutan kisah abad pertengahan tersebut setelah tim Game of Thrones perlu waktu lebih banyak untuk mengerjakan enam episode terakhir.

Popularitas yang ada saat ini dirasa sangat penting untuk HBO menarik lebih banyak pelanggan dan mengembangkan seri spin-off dari Game of Thrones dan mempromosikan acara baru lainnya.

Dilansir Variety, menurut angka yang dirilis oleh HBO, premier Season 8 telah menarik 17,4 juta pemirsa di semua platform (linier, HBO GO, dan HBO NOW), termasuk 11,8 juta yang menonton di saluran linear dan itu dihitung hanya pada penonton di hari Minggu (14/4/2019).

HBO berharap jumlah penonton dapat mengalami kenaikan secara signifikan dengan sejumlah orang yang belum atau baru sempat menyaksikan serial ini di hari lain.


Selain itu, HBO NOW memantau terjadinya kenaikan sekitar 50 persen dalam penonton bila dibandingkan dengan final musim lalu dan kenaikan 97 persen bila dibandingkan dengan premier musim ketujuh.

Penayangan perdana musim ke-8 ini juga merupakan episode yang paling banyak dibicarakan di Twitter dalam sejarah seri ini dengan lebih dari 5 juta tweet pada hari Minggu (14/4/2019) saja.

Game of Thrones sejauh ini telah berhasil membangun peringkat di setiap musimnya. Menurut angka yang dirilis oleh HBO, yang termasuk keterlambatan menonton, sesuai permintaan, dan jumlah streaming, musim ketujuh dari seri fantasi ini rata-rata memperoleh 32,8 juta pemirsa per episode pada tahun 2017.

Sementara itu disusul dengan musim keenam dengan rata – rata 25,7 juta penonton, musim kelima dengan 20,2 juta penonton, musim keempat dengan 19,1 juta penonton, dimusim ketiga meraup 14,4 juta penonton, sedangkan musim kedua dan pertama masing - masing berhasil meraih rata - rata 11,6 juta dan 9,3 juta penonton.

Baca juga artikel terkait GAME OF THRONES atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)


Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Adrian Samudro