Gaji, Tunjangan dan Fasilitas Mewah yang Diterima Presiden AS

Oleh: Ahmad Efendi - 12 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Selain gaji Rp5,6 miliar per tahun, Presiden AS juga mendapat tunjangan dari pengeluaran tahunan hingga hiburan dan fasilitas mewah lainnya.
tirto.id - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden, yang diproyeksikan mulai bekerja pada 20 Januari 2021 nanti, siap menikmati sejumlah keuntungan yang didapatkan karena menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam. Keuntungan itu berupa gaji yang besar, pelayanan 24 jam, serta fasilitas nomor wahid.

Undang-undang AS mewajibkan presiden Amerika Serikat dibayar gaji saat menjabat. Menurut laporan situs resmi pemerintah, seorang presiden mendapatkan gaji 400.000 dolar AS atau sekitar Rp5,6 miliar per tahun. Presiden AS juga akan tetap digaji meski sudah meninggalkan Gedung Putih.

Selain itu, ia juga diberikan rekening pengeluaran tahunan sebesar 50.000 dolar AS atau sekitar Rp710 juta, rekening perjalanan tidak kena pajak 100.000 dolar AS atau sekitar Rp1,4 miliar, dan biaya 19.000 dolar AS atau sekitar Rp210 juta khusus untuk hiburan.

Tak hanya gaji dan tunjangan melimpah, presiden bersama keluarganya juga akan menikmati sejumlah pelayanan terbaik yang diberikan penuh selama 24 jam, serta fasilitas nomor wahid. Apa saja itu?

Rumah mewah bernama “White House”


White House atau Gedung Putih, yang menjadi rumah sekaligus kantor presiden AS, telah menjadi singgasana orang nomor satu di negara itu sejak 1792. Ia memiliki tinggi bangunan enam lantai dengan132 kamar, termasuk arena bowling dan toko cokelat, catat Business Insider. Bahkan, salah satu kamar di Gedung Putih merupakan sebuah pusat kebugaran lengkap dengan lapangan tenis dan kolam renang.

Selain itu, presiden dan keluarga juga akan diberi 100.000 dolar AS untuk mendekorasi ulang Gedung Putih agar lebih betah. Kendati demikian, seperti dikatakan Candacer Keener dalam podcast How Stuff Work, bahwa keluarga Obama tidak menerima tunjangan untuk mendekorasi ulang dan malah menggunakan dana mereka sendiri dengan menghabiskan 1,5 juta dolar AS.

Sementara dilansir dari NBC News, administrasi Trump menghabiskan 1,75 juta dolar AS untuk furnitur baru, penutup dinding, dan meja, meskipun tidak jelas apakah Trump membayar sendiri atau menggunakan tunjangan pemerintah.

Gedung Putih juga menjadi rumah bagi banyak koki berbakat, yang siap menyajikan suguhan premium bagi sang presiden. Salah satunya adalah Cristeta Comerford, yang telah menjadi koki eksekutif Gedung Putih selama 15 tahun, sekaligus perempuan pertama yang memegang posisi ini.

Selain itu ada pula Susan Morrison, koki pastry eksekutif Gedung Putih, dan salah satu tanggung jawabnya termasuk merancang dan membuat rumah roti jahe setiap Natal. Kedua koki membantu merencanakan menu untuk acara Gedung Putih.

Presiden juga dapat menjamu tamu mereka dengan kegiatan olahraga, karena Gedung Putih juga dilengkapi dengan arena bowling, kolam renang – yang selama masa Franklin D. Roosevelt digunakan untuk terapi fisik, lapangan tenis, lapangan basket dan lapangan golf.

Pada masa jabatannya, Roosevelt juga mengubah sebuah ruangan di Gedung Putih menjadi home theater berjenjang dengan 51 kursi, yang kini menjadi “bioskop pribadi” keluarga presiden. Pada masa presiden Trump, “Finding Dory” menjadi film pertama yang diputar keluarga mereka.

Transportasi dan Pengamanan Terbaik

Salah satu fasilitas istimewa yang diberikan kepada presiden AS adalah pesawat Air Force One. Pesawat Boeing 747-200B ini sangatlah canggih, dengan memiliki ruang seluas 4.000 kaki persegi, ruang operasi medis, kamar pribadi untuk presiden, dan kapasitas untuk memberi makan 100 orang sekaligus.

CNN melaporkan, bahwa biaya untuk mengoperasikan Air Force One adalah sekitar 200.000 dolar AS atau sekitar Rp2,8 miliar per jam.

Selain itu, untuk perjalanan dalam negeri, helikopter Marine One siap mengantar presiden kemanapun ia pergi. Marine One, dapat mengoperasikan misi penyelamatan dan berlayar dengan kecepatan lebih dari 150 mil per jam bahkan jika satu mesin rusak. Menurut laporan Business Insider, ia juga dipersenjatai dengan sistem anti-rudal dan baju besi balistik.

Untuk perjalanan darat, presiden juga akan menggunakan mobil anti-peluru dan bom khusus, bernama The Beasts. Sementara untuk pasukan pengamanan, presiden akan diberikan jaminan aman oleh Secret Service (Dinas Rahasia) yang terkenal loyal, profesional, dan sangat terlatih.



Baca juga artikel terkait PRESIDEN AMERIKA SERIKAT atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Yantina Debora
DarkLight