Friday the 13th dan 5 Rekomendasi Film Horor untuk Ditonton

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 13 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini 5 rekomendasi film horor yang bisa ditonton saat Friday the 13th hari ini.
tirto.id - Friday the 13th atau hari Jumat yang jatuh tepat pada tanggal 13 dianggap sebagai hari sial atau hari yang menyeramkan.

Biasanya, pada Friday the 13th, harga tiket pesawat cenderung turun, orang-orang yang percaya takhayul akan menunda kegiatan penting dan ada sebagian kecil dari Anda yang menunggu sesuatu yang aneh terjadi pada hari ini.

Dilansir CNN.com, sejarah Friday the 13th sebagai tanggal yang menakutkan tidak memiliki banyak bukti. Namun, hari Jumat dan angka 13 selalu diidentikkan dengan nasib buruk dan takhayul.

Ada banyak teori yang berasal dari abad-abad sebelumnya, tetapi sebagian besar teori ini sudah terbantahkan.

Untuk melengkapi Friday the 13th Anda, berikut ini beberapa rekomendasi film horor untuk dinikmati selama masa pandemi di rumah.

1. Alien (1979)

Alien melakukan lebih banyak untuk film slasher daripada yang disadari kebanyakan penonton. Alih-alih memiliki korban pria bertopeng di Crystal Lake, Alien menampilkan protagonis dunia lain dengan proporsi yang menakutkan yang mengirim korbannya dengan cara yang jauh lebih menakutkan.

Segala sesuatu mulai dari siklus hidup alien hingga kebiasaan membunuhnya sangat menyeramkan. Penonton tidak pernah menyaksikan yang seperti itu, dan tidak pernah lagi sejak itu.

Ini meningkatkan ketegangan dan ketakutan ke tingkat yang tak tertahankan sampai hanya beberapa menit sebelum kredit akhir, dan bahkan pada tampilan berulang itu tidak pernah menjadi tua.

2. Halloween (1978)

Michael Myers dan Jason Vorhees memiliki banyak kesamaan. Keduanya adalah pembunuh bertopeng yang hanya bicara sedikit.

Mereka tampaknya berbagi bakat untuk memfokuskan niat membunuh mereka sebagian besar pada remaja berdosa dan orang-orang yang mereka anggap tidak layak untuk terus menghirup oksigen.

Meskipun banyak sekuel dan garis waktu yang kemudian berbelit-belit, franchise Halloween masih populer sampai sekarang meskipun Michael telah dikalahkan berkali-kali. Dari sini, semua orang bisa menebaknya.

3. Friday the 13th (2009)

Friday the 13th dirilis pada 2009, disutradarai oleh Marcus Nispel dan ditulis oleh Damian Shannon dan Mark Swift. Friday the 13th mengisahkan tentang Clay Miller (Jared Padalecki) saat mencari adiknya yang hilang, Whitney (Amanda Righetti), yang saat itu sedang berkemah di hutan di Crystal Lake dan diculik oleh Jason Voorhees (Derek Mears).

Pada tanggal 13 Juni 1980, Jason Voorhees kecil (Caleb Guss) menjadi saksi saat ibunya (Nana Visitor) sedang dipenggal oleh seorang konselor kamp (Stephanie Rhodes) di sekitar Camp Crystal Lake.

Sekitar 30 tahun kemudian, sekelompok teman berlibur - Wade (Jonathan Sadowski), Richie (Ben Feldman), Mike (Nick Mennell), Whitney (Amanda Righetti) dan Amanda (Amerika Olivo) - dan tiba di Crystal Lake dalam acara berkemahnya untuk menemukan beberapa ganja yang ditanam di hutan.

Ketika Mike dan Whitney menjelajahi kamp Crystal Lake yang telantar, Jason dewasa (Derek Mears) mulai membunuh sisa kelompok satu per satu. Jason juga membunuh Mike, tetapi dia membawa Whitney dan memutuskan untuk menculiknya karena dia mirip seperti ibunya di usia muda.

4. Deep Red (1975)

Deep Red (Italia: Profondo rosso), juga dikenal sebagai The Hatchet Murders, adalah film giallo Italia tahun 1975 yang disutradarai oleh Dario Argento dan ditulis bersama oleh Argento dan Bernardino Zapponi.

Film ini dirilis pada 7 Maret 1975 dan diproduksi oleh Claudio dan Salvatore Argento, dan musik film itu disusun dan dibawakan oleh Goblin.

Dalam siluet di dinding ruang tamu, satu sosok menusuk yang lain sampai mati. Pisau berdarah jatuh ke lantai di dekat kaki seorang anak.

20 tahun kemudian, Profesor Giordani memimpin konferensi parapsikologi yang menampilkan medium psikis Helga Ulmann. Helga tiba-tiba kewalahan oleh pikiran "bengkok, sesat, membunuh" dari seseorang di antara penonton.

Setelah ceramah, Helga memberi tahu Giordani bahwa dia juga mendengar lagu anak-anak selama hubungan psikis. Dia yakin dia bisa mengidentifikasi orang yang dia rasakan; dalam bayang-bayang, seseorang memperhatikan mereka.

Malam itu, sosok bersarung hitam menyerbu apartemen Helga dan membunuhnya dengan pisau daging. Musisi Marcus Daly melihat serangan itu dari bawah dan bergegas ke apartemennya, menemukan mayatnya yang dimutilasi.

Setelah polisi tiba, Marcus mengira salah satu lukisan apartemen telah hilang, tetapi dia tidak dapat menentukan apa yang hilang.

5. Madman (1982)

Kisah seorang pembunuh bernama Madman Marz diceritakan di sekitar api unggun. Dia terkenal kejam karena dia membunuh istri dan anak-anaknya dengan kapak, dan dia lolos dari hukuman gantung.

Saat ini, berbagi legenda Madman Marz memanggilnya ke kamp. Berikut ini adalah pertumpahan darah yang ditakdirkan untuk menjadi legenda urban lainnya.

Dari skor hingga ketukan naratif, pedang ini adalah penipuan tak tahu malu dari Friday the 13th. Dengan pemikiran tersebut, ketika Madman bekerja, itu benar-benar berhasil. Penjahatnya tentu saja bukan Jason Voorhees, tapi dia pengisi kursi yang baik untuk saat ini.


Baca juga artikel terkait FILM HOROR atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Film)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight